Skip to main content

Yuk Terapkan Pola Makan Ini Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa Ramadan

Puasa
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Ramadan kembali menyapa umat Islam di penjuru dunia. Milyaran umat Muslim dengan suka cita menyambut kedatangan bulan mulia ini. Di Indonesia sendiri, awal Ramadan ditetapkan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018.

Ramadhan adalah bulan paling suci bagi umat Islam karena dianggap sebagai bulan di mana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad pada malam Lailatul Qadar, salah satu dari 10 malam terakhir Ramadhan. 

Jutaan umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa setiap hari selama sebulan, menahan diri dari makan, minum dan merokok, mulai dari matahari terbit hingga terbenam. 

Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, puasa selama Ramadhan disertai dengan peningkatan refleksi spiritual, penyembahan dan tindakan amal. 

Berpuasa sepanjang hari bisa menjadi pengalaman yang lebih melelahkan bagi sebagian orang tergantung di mana mereka tinggal. Misalnya, mereka yang tinggal di Oslo, Norwegia akan berpuasa 19 jam, sementara Muslim di Yerusalem Timur di Palestina akan berpuasa sekitar 15 jam dan mereka yang tinggal di selatan khatulistiwa seperti di Buenos Aires, Argentina akan berpuasa hanya selama 12 jam.

Kelelahan dan dehidrasi berat ketika berpuasa adalah hal umum yang akan dialami selama berpuasa. Mempertahankan energi dan tetap terhidrasi secara optimal saat berpuasa dalam bulan Ramadan sangat penting.

Mahasiswa dan akademisi di Birmingham City University di Inggris mengemukakan panduan yang berisi tips untuk mendukung kesejahteraan mereka yang berpuasa dan membantu mempertahankan energi sebanyak mungkin sepanjang hari. 

Melansir dari laman Al Jazeera, Berikut ini hal penting untuk diperhatikan saat berpuasa agar tetap dalam keadaan bugar:

- Para ahli menyarankan minum air sebanyak mungkin selama waktu buka puasa dan Suhur, terutama jika cuaca panas yang diperkirakan pada siang harinya. Pastikan Anda meminum setidaknya dua liter air selama jam malam.

- Tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sistem kerja tubuh. 
Para ahli menekankan bahwa sangat penting untuk memastikan bahwa ketika Anda makan,  sebaiknya jaga keseimbangan makanan sehingga memberi makan setiap sistem dalam tubuh Anda dengan cukup nutrisi. 

-Mencoba alternatif-alternatif lain. Ganti makanan yang digoreng dalam waktu lama dengan makanan yang dipanggang.
Bisa juga dengan mengganti makanan yang lebih berat untuk alternatif yang lebih ringan. Misalnya, menukar kue dan cokelat dengan konsumsi buah dan yoghurt. 

-Olahraga dan puasa bisa dilakukan bersamaan. Bagi anda penggemar olahraga dapat melakukan rutinitas berolahraga setiap hari. Latihan ringan sangat bagus untuk menjaga aliran darah dan sistem kerja tubuh. Latihan kardio juga baik dilakukan saat berpuasa selama Anda tidak melakukannya dengan berlebihan.

-Konsumsi Banyak protein dan hindari garam saat Suhur. Untuk panganan sahur, para ahli merekomendasikan makan makanan yang akan memberikan tubuh dengan energi yang dapat bertahan lebih lama. 

Sangat penting untuk fokus pada makanan yang lambat dicerna seperti protein dan serat tinggi. Beberapa contoh yang bagus adalah gandum, dan makanan gandum utuh seperti beras merah, soba dan roti gandum utuh atau pasta. 

  • Miron