Yasir Machmud Tegaskan Anggaran KONI Sulsel Dikelola Profesional 

* Tegaskan siap pertanggung jawabkan anggaran tersebut

Yasir Machmud Tegaskan Anggaran KONI Sulsel Dikelola Profesional 
Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan, Yasir Machmud, menegaskan anggaran Rp5 miliar untuk pihaknya tahun ini dikelola profesional dan sesuai peruntukannya.


Pernyataan Yasir Machmud sebagai respons atas sikap Komisi E DPRD Sulsel menyebut KONI memakai sebagian anggaran tidak sesuai naskah hibah perjanjian daerah (NPHD) karena dipakai untuk kegiatan musyawarah olahraga provinsi (Musorprov).


Menurut Yasir, sejak dahulu, kegiatan Musorprov dan pelantikan Pengurus KONI Sulsel serta kegiatan pra porprov dan gaji karyawan KONI, dibiayai oleh APBD. 


"Dan anggaran Rp5 miliar ini kami alokasikan untuk membiayai itu dan kami prioritaskan lebih Rp3,5 miliar khusus untuk membiayai awal kegiatan Porprov XVII Sinjai dan Bulukumba," kata Yasir di Makassar, Minggu (26/9/2022).


Yasir berpendapat hal itu sesuai Undang-Undang nomor 11 tentang keolahragaan. Dalam beleid itu disebut, bahwa pengelolaan olahraga di provinsi termasuk pendanaannya, menjadi tanggung jawab bersama stake holder pemerintah. 


Selain itu, Yasir juga menjelaskan bahwa proposal anggaran yang diusulkan KONI telah disetujui oleh Dispora Sulael dan direview oleh inspektorat yang didalamnya termasuk Musorprov maupun Porprov 2022. 


"Semuanya tertera dalam NPHD, kami akan pertanggungjawabkan kalau penggunaan anggaran tidak sesuai dengan peruntukan," jelas Direktur PT SCI ini.


Dia mengungkapkan bahwa baru tahun ini tidak ada anggaran kehormatan untuk para pengurus KONI Sulsel. Padahal pada kepengurusan sebelumnya, ada insentif seperti itu yang setiap bulannya melekat untuk pengurus.


"Tapi karena tahun ini anggaran terbatas jadi kami tiadakan anggaran tersebut," katanya.


Yasir berharap para pemangku kebijakan bisa melihat kegiatan Musorprov maupun Porprov nantinya sebagai tanggung jawab bersama sehingga apa yang menjadi target untuk membawa Sulsel juara di tingkat nasional dan internasional dapat tercapai. 


"Semoga KONI Sulsel mendapat support dari pemerintah dan DPRD Sulsel membawa puncak prestasi para atlet kita," tandas Yasir.