Wujudkan Kota Wisata, Warga Rinding Batu Torut Gencarkan Jumat Bersih

Desa Rinding Batu merupakan tujuan destinasi wisata Ke'te Kesu dan Buntu Pune.

Wujudkan Kota Wisata, Warga Rinding Batu Torut Gencarkan Jumat Bersih
Kegiatan Jumat bersih dilakukan warga RT Rantepao, Lembang Rinding Batu, Kesu', Torut, Jumat (19/2/2021). (Foto: KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Rantepao - Puluhan warga giat melaksanakan kegiatan Jumat bersih dengan membersihkan sampah dan rumput di kanan kiri jalan di kompleks RT Rantepao, Lembang Rinding Batu, Kecamatan Kesu', Kabupaten Toraja Utara, Jumat (19/2/2021). Selain membersihkan, juga dilakukan penanaman bunga di sepanjang kiri kanan jalan.

Kepala Rukun Tetangga (RT) Rantepao, Daniel Manda menjelaskan kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan guna menumbuhkan rasa gotong royong di masyarakat agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

"Kegiatan kerja bakti Jumat bersih ini dilakukan guna menjalin kekompakan kita. Selain itu, agar menjadi cerminan bahwa lingkungan  bersih menentukan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing sehingga diharapkan masyarakat tidak mudah terserang penyakit," kata Manda.

Manda mengimbau kepada warga sekitar agar bisa bertanggung jawab untuk menjaga lingkungannya masing-masing dan jangan lagi membuang sembarangan di kanan kiri jalan karena dapat menjadi sumber penyakit, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Sementara Kepala Lembang (Desa) Rinding Batu, Elvies Anno mengatakan bahwa demi menciptakan Toraja Utara sebagai Kota Wisata, maka diawali dengan keberhasilan.

"Sesuai dengan keinginan Bupati yang menginginkan kota Toraja Utara menjadi Kota Wisata maka semua warga dusun dan RT wajib melaksanakan kegiatan kerja bakti Jumat Bersih di lokasinya masing - masing. Dan kegiatan ini sudah bermula rutin setiap hari Jumat sejak awal tahun 2021" kata Anno.

Diakui Anno bahwa salah satu hal pendukung demi tercapainya keinginan tersebut, yakni keindahan kota dengan keberhasilan. Terkhusus Lembang Rinding Batu memang memiliki daya Wisata yang menarik, termasuk Objek Wisata Kuburan dan Tongkonan di Ke'te'kesu dan di Buntu Pune'.

Selain itu, kata Anno, di Lembang Rinding Batu juga memiliki beberapa Hotel yang bisa menerima siapa saja untuk menjadi tempat peristirahatan jika ingin berkunjung. Hotel tersebut antara lain, Torzina Hotel, Rantepao Lodge Hotel, Toraja Heritage Hotel, Misiliana Hotel, dan Piston Hotel.

Penulis : Febriani/C