Wawali Parepare minta Faskes Tetap Siap Hadapi Lonjakan Kasus Corona

*Tanggapi imbauan Kemenkes

Wawali Parepare minta Faskes Tetap Siap Hadapi Lonjakan Kasus Corona
Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut masih ada potensi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia imbas libur Lebaran. Menurutnya, kenaikan kasus Covid-19 tersebut ia perkirakan terlihat pada akhir Mei 2022 mendatang.


Menanggapi hal itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Parepare, Sulsel, Pangerang Rahim segera menginstruksikan RSUD Andi Makkasau dan seluruh Puskesmas di Parepare untuk mengantisipasi perkiraan adanya lonjakan tersebut dengan menyiapkan sejumlah ruang khusus pasien Covid-19.


Pangerang mengatakan bahwa setiap usai pelaksanaan hari hari besar biasanya ada lonjakan. Namun ia berharap jika ada kenaikan kasus positif Covid-19 imbas libur panjang Lebaran tersebut, jumlahnya tidak terlalu tinggi.


"Masyarakat kita sudah memiliki antibodi melalui pemberian vaksinasi Covid-19," ucap Pangerang, Kamis (19/5/2022).


"Insya Allah semoga tidak terjadi lonjakan, tapi kita tetap instruksikan RSUD Andi Makkasau Parepare dan Puskesmas se-Parepare untuk memastikan fasilitas kesehatan dalam kondisi siap jika terjadi lonjakan kasus," ungkapnya.


Diketahui, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia masih dikatakan aman apabila positivity rate alias rasio kasus positif Covid-19 di Indonesia masih di bawah 5 persen yang merupakan ambang batas Badan Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, saat ini reproduction rate kasus Covid-19 di Indonesia sudah sekitar 1 
persen.


Dengan melihat kondisi itu ditambah tren penurunan kasus Covid-19 terjadi di Indonesia, maka kasus Covid-19 di Indonesia masih terkendali.


Penulis: Arsyad/C