Wasit Rasis Diganti, PSG vs Istanbul Berlanjut Malam Nanti

Keputusan UEFA

Wasit Rasis Diganti, PSG vs Istanbul Berlanjut Malam Nanti
Pertandingan PSG vs Istanbul Basaksehir harus ditunda lantaran wasit berkata rasis. (Dok. PSG)






KABAR.NEWS, Makassar - Pertandingan Liga Champions antara Paris Saint-Germain vs Istanbul Basaksehir akan dilanjut pada Kamis (10/12/2020) dini hari WIB. Wasit yang berkata rasis diganti oleh UEFA.


Laga PSG kontra Istanbul pada Rabu dini hari tadi harus ditunda saat menit ke-14 lantaran asisten wasit Sebastian Coltescu dianggap melakukan rasial secara verbal.


UEFA juga mengganti tim ofisial wasit dengan yang baru, dengan wasit asal Belanda Danny Makkelie yang akan memimpin pertandingan Grup H Liga Champions tersebut.


"Setelah berdiskusi dengan kedua klub - UEFA telah memutuskan dengan dasar yang luar biasa untuk memiliki sisa menit pertandingan yang dimainkan besok (Rabu 9 Desember) dengan tim ofisial pertandingan yang baru. Kick-off telah ditetapkan pada pukul 18.55 CET (00.55 WIB)," bunyi pernyataan resmi UEFA dikutip dari CNN Indonesia, Rabu.


Tak cuma itu, UEFA juga telah memutuskan melakukan investigasi terkait dugaan rasial yang dilontarkan Coltescu. "Investigasi menyeluruh atas insiden yang terjadi akan segera dibuka."


Coltescu selaku wasit keempat diduga menggunakan kata-kata 'negro' atau 'pria kulit hitam' saat meminta wasit utama, Odivio Hategan mengusir asisten pelatih Istanbul, Pierre Webo.


Ucapan tak pantas dari mulut Coltescu memicu kemarahan para pemain Istanbul. Mereka protes, bahkan striker Demba Ba sampai terlibat konfrontasi langsung dengan Coltescu.


"Kamu tidak pernah mengatakan, 'Orang kulit putih ini.' Mengapa ketika Anda menyebut pria kulit hitam, Anda harus mengatakan, 'pria kulit hitam ini'," kata Demba Ba dilansir Sport Bible.


Para pemain tim tamu kadung kesal. Mereka bersama jajaran pelatih memutuskan meninggalkan lapangan. Langkah serupa juga diikuti para pemain PSG yang turut menuju ruang ganti akibat insiden rasial oleh Coltescu.