Wasit Liga Inggris Diancam Dibunuh Usai 2 Kartu Merah

Wasit kontroversial di Liga Inggris

Wasit Liga Inggris Diancam Dibunuh Usai 2 Kartu Merah
Wasit Liga Inggris, Mike Dean. (Foto: Getty Images via Premier League)






KABAR.NEWS, London - Wasit Liga Premier Inggris, Mike Dean, mendapat pelecehan dan ancaman pembunuhan di media sosial menyusul kartu merah yang diberikan kepada dua pemain.


Melansir Sky Sports, Senin (8/2/2021) ancaman pembunuhan itu datang setelah Mike Dean mengusir pemain West Ham United, Tomas Soucek saat match day 23 Liga Inggris melawan Fulham yang berakhir 0-0, Minggu dini hari WIB.


Empat hari sebelumnya, Mike Dean juga mengeluarkan kartu merah untuk pemain belakang Southampton, Jan Bednarek, karena bersitegang dengan penyerang Manchester United, Anthony Martial. Dua kartu merah dari Dean dianggap kontrovesial.


Kedua kartu merah ini telah dibatalkan setelah West Ham mengajukan banding. Begitu juga dengan hukuman kartu merah terhadap Bednarek telah dibatalkan oleh otoritas Liga Inggris.


Ancaman pembunuhan ini membuat Dean mengajukan izin sementara untuk tak memimpin pertandingan Liga Inggris. Wasit berusia 52 tahun tersebut kemungkinan baru akan memimpin pekan ke-25 Liga Inggris.


Tak hanya Dean, keluarganya juga menjadi sasaran perlakuan tidak nyaman di media sosial imbas kepimpinannya di lapangan hijau. Kasus ini telah dilaporkan ke polisi.


Sementara, Bednarek membela diri bahwa apa yang dilakukan terhadap Martial pada pertandingan yang berakhir 9-0 itu bukanlah pelanggaran. Martial pun mengakui demikian.


Adapun Soucek, mendapat kartu merah setelah Dean melihat petunjuk video assistant referee atau VAR. Bek asal Republik Ceko itu mengklaim apa yang dilakukannya terhadap Mitrovic tak bisa berbuah kartu merah.


"Saya berbicara dengan Aleksandar Mitrovic dalam dan setelah pertandingan dan dia berkata kepada saya bahwa duel kami adil," kata Soucek mengutip Sky Sports.


Mike Dean memang dikenal sebagai wasit yang kontroversial di Britania Raya. Tak jarang karena keputusannya, ia mendapat perlakuan kasar dari penonton. Salah satunya terkena lemparan koin saat derby Wales antara Cardiff City melawan Swansea City pada 2009.


Melanis The Daily Mirror, pada 2 April 2019, Dean mengeluarkan kartu merah ke-100 sepanjang karirnya sebagai wasit Liga Premier Inggris ketika Wolves bertemu Manchester United. Torehan itu menjadikannya sebagai satu-satunya pengadil lapangan Liga Inggris dengan 100 kartu merah.