Washington DC Lockdown Jelang Pelantikan Presiden AS

Antisipasi kembali kerusuhan dilakukan pendukung Trump.

Washington DC Lockdown Jelang Pelantikan Presiden AS
Pasukan Garda Nasional disiapkan untuk mengamankan pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden pada 20 Januari 2021. (NYTimes)






KABAR.NEWS - Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden - Kemala Harris pada 20 Januari 2021, militer menetapkan lockdown atau penguncian di Washington DC. Lockdown ditetapkan untuk mengantisipasi kembali terjadinya kerusuhan dilakukan oleh pendukung Donald Trump. 

Dilansir Reuters, Jumat (15/1/2021), Kepala Eksekutif Maskapai Penerbangan AS, Delta Air Lines, Ed Bastian mengatakan mulai 14 Januari 2021, adanya larangan baru untuk para penumpang tujuan Washington DC membawa senjata api secara legal ke dalam pesawat.

"Kita semua waspada tinggi berdasarkan peristiwa selama sepekan terakhir di Washington," ucap Bastian kepada CNBC.

Otoritas setempat sebelumnya memperingatkan adanya rencana unjuk rasa bersenjata di Washington DC dan 50 negara bagian AS lainnya. Hotel-hotel, maskapai penerbangan dan pusat bisnis lainnya meningkatkan pengamanan, sedangkan otoritas AS berencana mengerahkan sedikitnya 20 ribu tentara Garda Nasional ke Washington DC untuk mengawal jalannya pelantikan.

Di Washington DC, pengamanan berupa pagar tinggi yang dipasang mengelilingi Gedung Capitol AS diperluas hingga ke gedung Mahkamah Agung AS dan Perpustakaan Kongres AS.