Warga Toddopuli Makassar Laporkan Penyerobotan Fasum ke Dewan

Indikasi penyerobotan fasilitas umum (Fasum) yang diyakini salah satu aset Pemkot kembali dilaporkan warga Toddopuli saat reses Anggota DPRD Makassar,

Warga Toddopuli Makassar Laporkan Penyerobotan Fasum ke Dewan
Kasrudi saat reses di Kecamatan Panakukkang Makassar.






KABAR.NEWS, Makassar - Kegiatan reses kedua masa sidang pertama tahun anggaran 2020 menjadi ajang warga menyampaikan segala unek-uneknya. Baik berkenaan dengan kebutuhan hidup, maupun soal pelayanan dan aset pemerintah kota Makassar yang banyak diserobot orang-orang pribadi.


Indikasi penyerobotan fasilitas umum (Fasum) yang diyakini salah satu aset Pemkot kembali dilaporkan warga Toddopuli saat reses Anggota DPRD Makassar, Kasrudi.


"Warga menilai itu adalah Fasum, karena selama bertahun-tahun lahan itu dijadikan tempat olahraga warga setempat," kata Kasrudi usai mendengar keluhan warga, Kamis kemarin.


Fasum yang diklaim oleh warga adalah milik pemerintah dan dimanfaatkan untuk kebutuhan lahan olahraga itu berada di Jalan Toddopuli 2 stapak 12 RT 011 RW 6.


"Belum ditahu luasnya berapa, tetapi menurut warga lahan itu ada tempat bermain basket dan voli," katanya.


Berdasarkan pengakuan warga, kata Kasrudi, lokasi itu belakangan didapuk salah satu warga sebagi miliknya. Meski demikian, Legsilator Fraksi Gerindra belum dapat memastikan apakah fasum tersebut merupakan milik pemerintah.


"Kita juga belum bisa mengklaim itu milik pemerintah, harus dicek dulu apa itu terdaftar sebagai aset atau tidak. Karena meski tempat itu bertahun-tahun difungsikan warga sebagai Fasum jika tidak tercatat sebagai aset, itu tidak bisa dikatakan Fasum," katanya.


Anggota Komisi A itu berjanji akan segera menindaklanjuti laporan warga untuk meneruskannya ke Badan Pertanahan guna mengecek status lahan tersebut."Saya akan cari tahu dulu,kalau itu betul aset kita akan ambil langkah hukum," katanya.

Penulis: Rahma Amin/B