Warga Tator Bisa akses Layanan Kesehatan Gratis melalui Program UHC

*cakupan kesehatan semesta.

Warga Tator Bisa akses Layanan Kesehatan Gratis melalui Program UHC
Kepala Dinas Kesehatan Tator, dr. Ria Tanggo. (Istimewa)






KABAR.NEWS, Makale - Mulai tahun 2022 ini warga yang berdomisili di Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan, bisa mengakses layanan kesehatan secara gratis program melalui Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tator, dr. Ria Tanggo. Dia menerangkan, sejak awal tahun ini, sudah 267.925 orang di Tator yang terdaftar dalam UHC atau 99,5 persen memiliki jaminan kesehatan.


"Artinya, saat ini ada 0,5 persen masyarakat Tator yang dapat mengakses layanan gratis tersebut dan untuk mewujudkan UHC ini. Pemda Tana Toraja menyiapkan anggaran sebesar Rp35 miliar," ungkap Ria Tanggo saat dikonfirmasi kabar.news, Kamis (20/1/2022)


Ria menjelaskan, bahwa 267.925 jiwa itu terdiri dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN sebanyak 135.835 jiwa, PBI APBD sebanyak 65.754 jiwa.


Kemudian, Pekerja Penerima Upah (PPU) 43.094 jiwa, Penerima Bukan Pekerja Upah (PBPU) 18.519 jiwa, dan Bukan Pekerja (BP) 4.725 jiwa.


Sementara Wakil Bupati Tator, dr. Zadrak Tombeg saat dikonfirmasi via seluler menjelaskan bahwa sejak enam bulan sebelum launching UHC, lembaga eksekutif dan legislatif intens berdialog tentang strategi wujudkan UHC.


"Setelah mendapat dukungan dari semua pihak, hasilnya pun merata secara luas kepada warga. Kita sudah buktikan dengan dengan mendapatkan sertifikat UHC oleh Deputi Direksi BPJS Wilayah Sulselbar, Selasa lalu," ungkap Zadrak.


Menurut Zadrak, status UHC ini merupakan kerinduan yang sudah lama dinantikan masyarakat Bumi Lakipadada dan itu menjadi tonggak sejarah layanan kesehatan di Tatoe.


"Dengan status UHC, jaminan pelayanan dasar BPJS sudah bermutu dan berkualitas, baik di Puskesmas maupun rumah sakit" tutupnya.


Penulis: Febriani/B