Skip to main content

Warga Makassar Bisa Cetak Sendiri e-KTP Hingga Kartu Keluarga

Warga Makassar Bisa Cetak Sendiri e-KTP Hingga Kartu Keluarga
Warga melakukan perekaman e-KTP sebelum pandemi Covid-19 di Kantor Dinas Dukcapil Makassar. (Ilustrasi/KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar -  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar telah melakukan pelayanan dokumen kependudukan secara daring (online).


Pendaftar bisa melakukan pengurusan dokumen kependudukan lain secara daring melalui laman https:/www.dukcapilmakassar.co.id. Seperti misalnya Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran.


"Jika dokumennya lengkap diupload. Setelah kami proses, maka hasilnya kami kirim dalam bentuk PDF ke WA (WhatsApp, red) dan email," ujar Kepala Disdukcapil Makassar Aryati Puspasari saat dihubungi KABAR.NEWS, Kamis (9/7/2020).


Dalam pengurusan via daring, kata Ariyati, warga harus memastikan semua dokumen yang akan diunggah lengkap dan benar. Setelah itu, pihaknya akan segera melakukan proses verifikasi data.


Adapun Keputusan Disdukcapil Makassar membuka pelayanan via daring tertuang dalam Surat Edaran dengan Nomor 170/53/S.Edar/Disdukcapil/II/2020.


"Iya memang betul ini. Tindak lanjut dari Permendagri 109 tahun 2019," katanya.



Olehnya itu, Aryati mengimbau agar warga Makassar dapat mengurus dokumennya secara daring.  "Makanya yang urus selain KTP el dan KIA kami sarannya tidak perlu ke Dukcapil," tandas dia.


Sementara, untuk pelayanan pemohon e-KTP dan KIA (Kartu Identitas Anak) juga tetap bisa diajukan melalui daring. Namun, pemohon pun dibatasi hanya 100 orang tiap harinya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B

 

Flower

 

loading...