Wali Kota Surabaya Siapkan Beasiswa untuk Anak Kru KRI Nanggala 402

Wali Kota Surabaya menganggap kru KRI Nanggala-402 sebagai pahlawan.

Wali Kota Surabaya Siapkan Beasiswa untuk Anak Kru KRI Nanggala 402
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)












KABAR.NEWS, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan beasiswa bagi anak kru KRI Nanggala-402 yang gugur di Perairan Utara Bali. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Eri mengatakan pihaknya bersama sang istri sudah keliling Surabaya menemui keluarga kru KRI Nanggala-402. Hal tersebut dilakukan, kata Eri, untuk memberikan kekuatan dan dukungan moril kepada keluarga kru KRI Nanggala-402. 

"Saya dengan istri keliling ke semua keluarga kru KRI Nanggala-402. Tapi saat itu kami memberikan kekuatan untuk berdoa kepada gusti Allah," ujarnya, Minggu (25/4/2021).

Eri mengatakan Pemkot Surabaya sudah memberikan pendampingan psikologis kepada keluarga kru KRI Nanggala-402 sejak Sabtu (24/4/2021). Tak hanya pendampingan psikologis, Pemkot Surabaya juga menyiapkan beasiswa bagi anak kru KRI Nanggala-402. 

"Ayah mereka adalah pahlawan yang menjalankan tugas demi nusa dan bangsa. Maka tugas kami, Pemkot Surabaya akan memberikan beasiswa kepada anaknya," kata dia. 

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menegaskan beasiswa pendidikan diberikan kepada anak kru KRI Nanggala-402 hingga jenjang perguruan tinggi. Eri mengaku untuk saat ini ada sekitar 9 hingga 10 anak kru KRI Nanggala-402 yang sudah terdata. 

"Sekitar 9-10. Ada 13 memang (asal) Surabaya, tetapi ternyata ada dua yang bukan KTP Surabaya. Tapi Insya Allah yang KTP Surabaya nanti (anaknya mendapat beasiswa). Kita akan pastikan lagi jumlahnya yang ber-KTP Surabaya," kata dia. 

Sementara terkait perintah Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini yang meminta Pemkot Surabaya menurunkan psikolog untuk melakukan pendampingan keluarga kru KRI Nanggala-402, Eri mengaku hal tersebut sudah dilakukan. 

"Insya Allah pendampingan keluarga yang kita lakukan mulai kemarin sampai hari ini," ucapnya.