Wali Kota Parepare Komitmen Dukung Pengawasan APIP dan AAIPI

Taufan selalu mengingatkan kerja terintegrasi

Wali Kota Parepare Komitmen Dukung Pengawasan APIP dan AAIPI
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (kedua kanan) bersama sejumlah kepala daerah pada kegiatan AIPI di Kota Makassar. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Taufan Pawe berkomitmen mendukung kinerja Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Asosiasi Auditor Intern Pemerintah (AAIPI). 


Hal itu terlihat saat Taufan Pawe menandatangani Piagam Kepala Daerah se-Sulsel untuk memberikan dukungan kepada APIP daerah dan AAIPI, dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pada masing-masing daerah di Sulsel. 


Penadatangan tersebut merupakan bagian dari Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Sulsel tahun 2021 dirangkaikan dengan pengukuhan AAIPI periode 2021-2024.


Kegiatan ini dibuka langsung Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan dihadiri kepala daerah se-Sulsel serta perwakilan BPKP RI, Kemendagri, BPK, KPK, Polda Sulsel dan Kejati Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, Kamis (16/9/2021).


"Diharapkan para pemerintah daerah lebih fokus dalam tindakan pengawasan. Ada beberapa hal yang penting tadi khususnya pencegahan korupsi. Mulai dari pengadaan barang dan jasa, perencanaan anggaran, optimalisasi pajak daerah dan aset daerah," kata Kepala Inspektorat Parepare, Muh. Husni Syam saat mendampingi Taufan Pawe.


Dirinya menjelaskan, di bawah kepemimpinan Taufan Pawe, kepala daerah berlatar belakang profesional hukum tersebut selalu mengingatkan jajaran Pemkot Parepare untuk senantiasa dalam melaksanakan tugas terintegrasi. Supaya upaya pencegahan korupsi bisa terus terjaga.


"Pak Wali semenjak periode awalnya salalu mengingatkan kita untuk terus melakukan upaya pencegahan korupsi. Makanya beliau memiliki tiga prinsip yang harus kita jalankan yakni taat asas, taat administarsi, dan taat anggaran. Ini perlu menjadi perhatian kita semua, agar semua komponen pemerintahan bisa berjalan sesuai aturan," pungkasnya.


Penulis: Arsyad/C