Wali Kota Parepare Ingatkan Warga Soal Kebersihan Lingkungan

Agar tidak menyebabkan banjir saat intesitas hujan tinggi.

Wali Kota Parepare Ingatkan Warga Soal Kebersihan Lingkungan
Petugas kebersihan membersihkan drainase. (Foto: Istimewa)

KABAR.NEWS, Parepare - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengimbau kepada masyarakat Kota Parepare agar tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang. Hal tersebut disampaikan, saat ini Parepare masih musim penghujan.

Taufan Pawe menuturkan beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Damkar dan BPBD bekerja bersama untuk melakukan pengerukan dan pembersihan sejumlah daerah yang tergenang karena fungsi drainase tidak berjalan dengan baik.

"Ada beberapa fungsi drainase tidak bekerja dengan baik diakibatkan karena adanya tumpukan sampah, dan beberapa material lain sehingga kemudian kami mengerahkan personil untuk membersihkan hal tersebut agar tidak lagi terjadi genangan atau setidaknya mengurangi genangan yang terjadi,"kata dia, Kamis (18/2/2021).

Taufan mengingatkan kepada masyarakat Kota Parepare agar tidak membuang sampah sembarang, baik yang berada di lokasi genangan air karena drainase tersumbat atau yang berada di tempat lain. Ia mengatakan sampah tersebut terbawa air dan berdampak pada warga berada daerah rendah.

"Jangan karena alasan berada di ketinggian, sehingga bebas buang sampah. Tapi meskipun, begitu warga yang berada di ketinggian kami imbau tidak buang sampah, karena aliran air bisa membawa sampah ke daerah rendah dan akhirnya terjadi penumpukan yang berdampak terjadinya genangan air," paparnya.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini menuturkan segala kejadian bencana atau kegawat daruratan agar segera menghubungi Call Centre 112.

"Kami buka layanan aduan kegawat daruratan melalui Call Centre 112 karena saat ini sifatnya sudah terintegrasi sehingga bukan hanya menangani darurat karena sakit tapi juga hal lainnya,"urai dia. 

Penulis: Arsyad/C