Skip to main content

Wali Kota Jamin Penangguhan Kredit Usaha di Makassar Terlaksana

Wali Kota Jamin Penangguhan Kredit Usaha di Makassar Terlaksana
Teller Bank Panin sedang melayani nasabah di Kantor Bank Panin, Jalan Dr Ratulangi Makassar, Selasa (10/12/2019). (Ilustrasi KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan untuk memberikan kemudahan kepada sejumlah sektor usaha dan masyarakat yang terkena dampak dari wabah virus corona atau Covid-19.


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah memberikan kelonggaran kepada debitur perbankan. Khususnya bagi para tukang ojek, sopir taksi, maupun nelayan yang saat ini memiliki cicilan kredit, diputuskan bahwa pembayaran bunga atau angsuran akan diberikan kelonggaran selama 1 tahun ke depan.


Baca juga: Instruksi OJK ke Debt Collector: Hentikan Sementara Penarikan Kendaraan


Hal ini kemudian direspon oleh Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Dia sangat mendukung langkah Presiden Jokowi karena menurutnya Iqbal akan membantu usaha-usaha kecil dan menengah.


"Kami sangat apresiasi, terutama yang di bawah 10 M, karena kalau perputaran ekonomi tidak ada, usaha setop," kata Iqbal, di Makassar, Rabu (2/4/2020)


Langkah ini kata Iqbal menjadi juga menjadi upaya perputaran uang, agar tidak mengalami kemacetan perekonomian "Karena Kita menjaga physical distancing, kita tidak bisa memaksa orang untuk membayar kredit, karena kredit itu tergantung pada perputaran utang," ucapnya.


Baca juga: Pandemi Corona: Pemerintah Gratiskan Listrik 3 Bulan


Ia juga akan memastikan pihak perbankan yang ada di Kota Makassar untuk melakukan instruksi tersebut terutama tentang penangguhan kredit itu benar-benar bisa dilakukan.


Iqbal juga mengaku akan melakukan koordinasi pada berbagai lembaga agar bisa menjamin upaya penangguhan kredit segera dilaksanakan


"Kami akan koordinasi terus  dengan pihak bank, dengan Pemprov, dengan OJK. Kemarin Kami rapat bersama OJK Dan BI melalui vicon (video conference) termasuk itu yang dibicarakan," pungkasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B

 

Flower

 

loading...