Wakil Ketua DPRD Jeneponto: Iksan Tak Berhak Tahan Gaji Dewan karena Vaksin

*Anggap pernyataan Iksan Iskandar sebagai dorongan

Wakil Ketua DPRD Jeneponto: Iksan Tak Berhak Tahan Gaji Dewan karena Vaksin
Wakil Ketua II DPRD Jeneponto, Imam Taufiq Bohari. (KABAR.NEWS/Akbar Razak).






KABAR.NEWS, Jeneponto - Wakil Ketua II DPRD Jeneponto, Sulawesi Selatan, Imam Taufiq Bohari menyatakan Bupati Iksan Iskandar tidak berhak menahan gaji anggota dewan hanya karena belum divaksin Covid-19.


Pernyataan legislator Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut sebagai respons atas pernyataan Iksan Iskandar yang dianggap kontroversial. Menurutnya, bupati tidak punya wewenang menahan gaji anggota dewan.


"Tapi kalau sampai ditahan saya kira tidaklah, karena proses terpilihnya kami di DPRD itu sama dengan bupati. Sama-sama dipilih oleh rakyat," ujar Imam kepada KABAR.NEWS di ruang kerjanya, Rabu (22/12/2021).


Bagi Imam, pernyataan Iksan Iskandar dimaknai sebagai motivasi dan dorongan kepada lembaga legislatif agar berperan aktif meningkatkan vaksinasi, termasuk ikut divaksin Covid-19. 


"Saya kira berhak atau tidak berhak, sebenarnya subtansi yang ingin disampaikan pak bupati itu adalah ingin memberikan dorongan kepadanya anggota DPRD supaya proaktif," jelasnya.


Imam menegaskan tidak tersinggung terkait pernyataan Iksan Iskandar. Dia menandaskan DPRD Jeneponto telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi.


"Oleh karena itu, yang kami harapkan adalah apa yang sudah kami lakukan sudah proaktif dalam mendukung program vaksinasi ini," pungkasnya.


Sebelumnya, Iksan Iskandar mengaku geram mendengar laporan sekretaris DPRD Jeneponto yang menyebut masih banyak anggota dewan belum divaksin Covid-19. 


Padahal, pemerintah daerah saat ini tengah menargetkan 70 persen angka vaksinasi pada akhir Desember 2021. Dia lantas meminta OPD terkait untuk tidak sungkan menahan gaji anggota dewan yang belum divaksin.


"Kau coba anggota DPRD jangan kasih gajinya kalau belum," tegas Iksan pada Coffee Morning, Senin (20/12/2021).


Penulis: Akbar Razak/B