Viral Gubernur Sulbar Malu Terima Bantuan, Jubir Satgas: Imbauan Moral

Jubir satgas bencana gempa Sulbar meluruskan pernyataan Gubernur yang viral.

Viral Gubernur Sulbar Malu Terima Bantuan, Jubir Satgas: Imbauan Moral
Jubir satgas bencana gempa Sulbar, M Natsir. (Foto: KABAR.NEWS/Darsil Yahya)

KABAR.NEWS, Mamuju - Pernyataan Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar yang mengaku malu menerima bantuan gempa viral di media sosial. Juru bicara Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Sulbar, M Natsir angkat bicara. 

Natsir mengatakan bahwa pernyataan itu pada dasarnya merupakan imbauan moral agar masyarakat tidak terlena dengan bencana gempa menimpa Sulbar pada Jumat (15/1/2021). Apalagi situasi saat ini di Mamuju dan Majene daerah terdampak gempa sudah membaik. 

"Pernyataan Pak Gub kemarin itu hanya merupakan imbauan moral agar kita tidak terlena dengan musibah ini, mengingat situasi yang kita hadapi ini sudah semakin membaik," kata M.Natsir kepada wartawan di Media Center Satgas Bencana Gempa Bumi Sulbar, Senin (25/1/2021).

Menurut, M.Natsir saat ini bagi masyarakat berprofesi sebagai pedagang, sudah bisa berdagang. Sehingga masyarakat itu bisa berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Petani dan pekebun sudah bisa melihat lahan-lahan yang mereka miliki untuk persiapan menanami tanaman-tanaman yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat," ucapnya. 

Begitu juga imbaun kepada aparatur pemerintahan agar bisa segera berkantor melayani masyarakat sehingga dimasa pemulihan pasca bencana Sulbar segera bangkit.

"Kita sudah lihat jaringan listrik sudah menyala hampir 97 persen. PDAM untuk air minum sudah mengalir semua, SPBU sudah terbuka. Jadi kalau kita kelamaan dipengusngsian maka ini akan menghambat," jelasnya. 

Natsir menjelaskan jika pernyataan Gubernur Sulbar berterima kasih kepada semua elemen telah membantu masyarakat Sulbar baik bantuan moral maupun moril.

"Pernyataan bahwa kita tidak mau menerima bantuan itu tidak (benar) sama sekali. Pak Gubernur sekecil apapun bantuan yang diberikan itu menyampaikan terima kasih dan 
apresiasi sebesar-besarnya pada pemerintah daerah, kabupaten kota, provinsi, lembaga, LSM dan ormas," ungkapnya. 

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar mengimbau kepada pengungsi korban gempa Kabupaten Majene dan Mamuju agar bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Tidak ada lagi (gempa) Insya Allah, Insya Allah, Insya Allah tidak ada lagi tsunami. Tidak ada lagi yah, Insya Allah, jadi kembali, yang bisa di rumahnya kembali saja. Jangan terlalu lama di pengungsian lagi," kata Ali Baal Masdar saat rapat koordinasi bersama unsur pemerintah Kabupaten Mamuju dan Majene di posko induk Kantor Gubernur Sulbar, Sabtu (23/1/2021).

Ali Baal Masdar juga mengatakan masyarakat jangan terlalu lama berada di pengusngsian. Bahkan dia meminta para pengungsi jangan terlalu senang mendapatkan bantuan. 

"Apalagi kenapa sampai begitu (bertahan dipengusngsian), jangan kita ini terlalu senang kalau dikasi sumbangan," ucapnya.

Tak hanya itu, Ali mengaku merasa malu jika terus-terus mendapatkan sumbangan bantuan dari berbagai pihak. Sehingga ia mengimbau masyarakat segera kembali ke rumah masing-masing.

"Banyak sumbangan tapi kita malu kalau sering dikasi begitu, malu kita. Kalau sudah bisa kembali (ke rumah), kembali," tutur politisi Golkar ini.

Penulis : Darsil Yahya/A