VIDEO: Senam "Ampun Bang Jago" Saat Kudeta Myanmar

Video ini dipastikan valid

VIDEO: Senam "Ampun Bang Jago" Saat Kudeta Myanmar
Tangkapan layar seorang perempuan melakukan senam aerobik dengan latar konvoi militer di Myanmar. (Facebook/Khing Hnin Wai)






KABAR.NEWS - Jagad media sosial heboh dengan munculnya video yang merekam seorang perempuan sedang senam aerobik, dengan latar detik-detik kudeta militer di Yagoon, Myanmar. 


Yang menarik bagi netizen, lagu aerobik yang digunakan perempuan berbaju kuning itu adalah lagu Indonesia berjudul "Ampun Bang Jago", yang populer di aplikasi Tiktok.


Perempuan pada video senam aerobik tersebut diketahui bernama Khing Hnin Wai. Video berdurasi 3 menit 25 detik ini dia diunggah di akun Facebook miliknya, Senin kemarin.


Terlihat pada video itu, Khing Hnin Wai sedang senam aerobik tanpa menyadari konvoi kendaraan taktis militer sedang memasuki gedung parlemen Myanmar saat kudeta berlangsung.


Di lini massa, netizen Indonesia sempat meragukan keaslian video tersebut, sebab bayangan Khing Hnin Wai hanya sepotong. Pengguna internet lain pun memberi komentar bahwa bayangan terpotong karena ada tangga di sekitar Khing Hnin Wai.


Seorang Jurnalis Los Angeles Times, Vincent Bevins, mengaku telah menkonfirmasi orang pertama yang memviralkan video ini di Twitter yakni akun Àngel Marrades. Dipastikan,video senam aerobik itu memang direkam di depan parlemen Myanmar dan telah dipotong dari durasi 3 menit menjadi 1 menit lebih.


Kata Bevins di Twitter, Khing Hnin Wai memang kerap melakukan senam aerobik setiap pagi di depan parlemen Myanmar. Hal itu disertai dengan video lain di Facebook yang menunjukkan Khing Hnin Wai sedang senam tanpa blokade petugas militer.


Lagu Ampun Bang Jago diketahui diciptakan oleh Jonathan Dorongpangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr), dua pria yang berasal dari Kota Bitung, Sulawesi Utara.