Skip to main content

VIDEO: Longsor Kubur Rumah & Putus Jalan Poros Toraja Utara-Palopo

VIDEO: Longsor Kubur Rumah & Putus Jalan Poros Toraja Utara-Palopo
Bangunan yang terbawa tanah longsor di KM 24 Kecamatan Battang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jumat (26/6/2020). (Facebook/screen shot)

KABAR.NEWS, Palopo - Tanah longsor memutus jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dengan Kota Palopo, Sulawesi Selatan pada Jumat (26/6/2020) petang.


Jalan yang terputus tersebut terletak di Kilometer 24 Kecamatan Battang Barat, Palopo. Fenomena alam ini terekam video amatir yang tersebar di media sosial.


Dilihat KABAR.NEWS, video berdurasi 55 detik itu memperlihatkan detik-detik amblasan tanah yang ikut mengubur sejumlah bangunan di sisi kanan jalan tersebut dari arah Toraja Utara.

 

Terlihat beberapa orang mengayunkan gawai untuk merekam tanah longsor tersebut dari jarak yang cukup dekat. Terdengar suara takbir dan tahmid dari mereka yang merekam.



Diketahui, di sekitar lokasi tanah longsor ini berdiri sejumlah rumah makan dan pertokoan yang kerap menjadi tempat persinggahan bagi angkutan barang dan penumpang dari arah Toraja Utara dan Kota Palopo.


Beberapa hari sebelum insiden ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo telah mengeluarkan peringatan kepada warga sekitar mengenai potensi tanah longsor di jalan tersebut.


Sejak dua hari terakhir, Kota Palopo memang diguyur hujan dengan intensitas rendah maupun deras pada pagi dan siang hingga malam hari.


Kepala BPBD Palopo Anthonius Dengen mengatakan, telah menerjukan tim untuk melakukan evakuasi di sekitar lokasi tanah longsor yang memutus Jalan Poros Toraja Utara dan Kota Palopo.



Hingga berita ini ditayangkan belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa akibat tanah longsor tersebut.

 

Flower

 

loading...