Skip to main content

Video: Katak dan Piton, Serta Tiga Hewan Beda Jenis Menumpang Pada Hewan Lain

Video: Katak Menumpangi Piton, Tiga Hewan Beda Jenis Menunggangi Hewan Lain
Katak menunggai bekicot. (INT)

KABAR.NEWS - Bagaimana ketika hewan dari spesies berbeda menjadi "karib" dan bahkan menjadi penolong bagi spesies primata hewan lainnya?



Mendengar hal itu sepertinya bukan hal yang lumrah. Pekan lalu, beredar sebuah video yang menayangkan bagaimana katak tebu keluar dari lubang saat hujan dan banjir menerjang sebagian wilayah di Australia.



Para katak dalam upaya menyelamatkan diri tersebut, menumpangi ular Piton Zaitun yang memiliki panjang sekitar 11 kaki. Fenomena ini direkam warga setempat yang diunggah di Twitter, 31 Desember 2018. Tumpangan Piton membawa katak meluncur dengan cepat.


Apa yang dilakukan katak menumpang pada ular Phyton menurut ahli biologi konservasi Jodi Rowley, merupakan sesuatu yang lebih dari upaya penyelamatan diri. Dilansir dari Popular Science, cara itu juga sebagai upaya seksual katak.



Meski mengejutkan melihat satu spesies hewan mengendarai spesies lain — secara seksual atau lainnya — itu benar-benar terjadi di seluruh kerajaan hewan. Bahkan ada subreddit yang dikhususkan untuk itu.


Berikut adalah beberapa kejadian di mana hewan yang satu menjadi tumpangan hewan yang lain.


Musang Mengendarai Burung Pelatuk


Pada tahun 2015, rodeo hewan ke hewan pernah menjadi trending di Twitter dengan tagar #WeaselPecker. Kejadian itu adalah ketika sebuah musang menumpangi burung pelatuk atau Mockingbird.


a

Kejadian itu terekam oleh fotografer amatir Martin Le-May yang kemudian viral dan bahkan menjadi meme di media sosial.

 

Tumpangan burung pelatuk itu awalnya dikhawatirkan National Geographic, karena si Musang dikhawatirkan memangsa burung pelatuk saat mendarat.


a
Meme #WeaselPecker. (INT)

Tapi kekhawatiran itu tak terjadi, karena menurut Le-May yang menyaksikan kejadian itu, Musang dan Mockingbird selamat saat mendarat.


Bangau Mengendarai Kuda Nil



Pada awalnya, sepertinya bangau ini entah bagaimana secara ajaib berdiri di permukaan air. Tapi tunggu sebentar, dan Anda akan melihatnya benar-benar menggunakan kuda nil sebagai tumpangan. Burung kurus mungkin sebenarnya punya alasan bagus untuk melakukan ini, karena tinggi hippo yang diperbesar bisa berguna untuk berburu ikan.


Monyet Menunggi Rusa


Beberapa monyet di Jepang memang kerap disaksikan menumpangi Rusa Sika dengan berkeliling di punggungnya. Sama halnya dengan katak tebu, kera-kera ini sering melakukan hal ini secara seksual (walaupun mereka juga sering naik rusa untuk transportasi).


Meskipun beberapa rusa tidak puas dengan monyet-monyet betina yang menggiling dan melawan mereka, banyak rusa yang membiarkan monyet menunggangi punggungya. 



Ini mungkin karena primata kadang-kadang akan merawat punggung rusa, yang bisa menjadi tempat yang sulit dijangkau ketika mencoba menghilangkan kutu dan parasit lainnya. Tindakan itu hanyalah satu contoh bagaimana hewan berhubungan seks dengan hewan dari spesies lain, dan untuk alasan selain prokreasi.


Sumber: Popular Science