Skip to main content

VIDEO: Film "Acong Enceng" Suguhkan Drama Komedi Kekinian

VIDEO: Film Pendek "Acong Enceng" Suguhkan Drama Komedi yang Khas
Salah satu scene film pendek Acong Enceng. (Tangkapan layar/Youtube)

KABAR.NEWS, Makassar - Satu lagi film pendek yang mengangkat lokalitas budaya Sulawesi Selatan dan segera dilaunching di YouTube pada 10 Agustus 2019. Film itu berjudul Acong Enceng garapan Various Project.


Film pendek Acong dan Enceng terinsipirasi dari lagu berjudul La Acong na Le Enceng, karya Iqbal dan dipopulerkan oleh grup band La Galigo yang digawangi vokalis Balistik Band, Ghaly.


Baca juga: Film Avengers: Endgame Raup Pendapatan Rp14 Triliun pada Pekan Perdana

Film bergenre drama-komedi ini menceritakan tentang asmara dua anak muda. Sosok Acong dalam film ini berasal dari Kabupaten Luwu Utara, sementara Enceng berasal dari Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Keduanya dipertemukan di Kota Palopo.


"Acong bekerja sebagai barista dan Enceng adalah Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di kota palopo. Pertemuan yang pertama mereka membuat Acong jatuh hati kepada Enceng," kata Sutradara Film Pendek Acong Enceng, Reza Vahlevy, lewat keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS, Selasa kemarin.



Reza menjelaskan, film ini bertujuan untuk mengangkat budaya lokal yang ada di Tana Luwu. Judul film ini "Acong Na Enceng", diangkat dari nama panggilan keduanya semasa kecil bagi anak-anak di Tana Luwu yang melekat hingga kini.

 

"Selain tujuan untuk mengangkat budaya lokal  kita juga berkolaborasi dengan musisi di Tana Luwu yaitu Iqbal La Galigo  Ghaly yang menjadi inspirasi dari film ini," kata Reza. Film ini diproduksi oleh VR Production.


Baca juga: Film "Mendadak Kaya" Komedi Menggelitik yang Penuh Intrik

Dari segi cinematik, film pendek ini tak kalah dari film-film yang diproduksi secara komersil. Selain itu, beberapa scene dari film Acong Enceng direkam di Kota Palopo dan sejumlah daerah di Tana Luwu.


"Kenapa kita mengikat film bergenre drama komedi? Karena agar muda diterima di setiap kalangan dan juga cerita film ini mampu merangsang generasi muda khususnya di Tana Luwu untuk berekspresi dalam menuangkan karya-karya mereka," tandas Reza.