Verifikasi Kota Sehat 2022, Parepare Optimis Raih Wistara Kelima

* Harap masukan dari tim verifikasi

Verifikasi Kota Sehat 2022, Parepare Optimis Raih Wistara Kelima
Asisten 1 Pemkot Parepare, Amina Amin, menyambut tim verifikasi kota sehat. (Humas Pemkot Parepare)






KABAR.NEWS, Parepare - Tim Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan turun melakukan verifikasi di Kota Parepare, Senin (21/11/2022). 


Tim disambut Pemerintah Kota Parepare yakni Asisten I Setdako, Amina Amin atas nama Wali Kota Parepare bersama Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Tim Teknis Kota Sehat Parepare, Forum Kota Sehat Parepare di Sekretariat Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Bappeda Parepare. 


Di hadapan tim, Amina mengatakan  Parepare siap diverifikasi. Pihaknya  telah melakukan persiapan sesuai tatanan yang akan diverifikasi. Amina pun mengharapkan masukan dan arahan dari Tim Verifikasi Kota Sehat Sulsel. 


"Insya Allah Kota Parepare telah memenuhi apa yang menjadi persyaratan dalam meraih Wistara untuk kelima kalinya. Indikator pokok sudah mencapai minimal 91 persen," ungkap Amina.


Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Sulsel, Lukman Sanusi mengungkapkan, bahwa penilaian verifikasi Kota Sehat untuk 2023 termasuk cukup berat karena penilaian yang dipersyaratkan minimal 91 persen. 


Kenaikan penilaian tersebut, ungkap Lukman, mengakibatkan sejumlah Kabupaten/Kota tidak dapat meraih Wistara. 


"Jadi jika Kota Parepare ingin meraih Wistara ke lima, harus betul betul melaksanakan apa yang menjadi pertanyaan di indikator, harus sesuai buktinya," ingat Lukman.


"Selain itu, pada masing masing indikator tatanan, tolong diperhatikan betul harus ada kaitannya rencana kerja dengan indikator tatanan," pesan Lukman.


Namun, Lukman meyakini bahwa Parepare mampu mempersiapkan dengan baik semua indikator penilaian dan nantinya dapat meraih Wistara yang kelima kalinya berturut-turut. 


Sembari Lukman mengungkapkan bahwa akan diterbitkan Peraturan Presiden terkait pemberian reward bagi Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia.


"Saya yakin Tim Kota Sehat Kota Parepare telah melewati ujian seperti itu dan nantinya dapat kembali meraih Wistara," tegas Lukman.


Penulis: Arsyad/C