Van Gaal Ingatkan Erik ten Hag Jangan Mau Latih Man United

*Van Gaal menilai MU terlalu komersial

Van Gaal Ingatkan Erik ten Hag Jangan Mau Latih Man United
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag. (Foto: Instagram/afcajax)






KABAR.NEWS, Makassar - Mantan pelatih Manchester United (MU), Louis van Gaal mengingatkan Erik ten Hag agar menolak tawaran untuk melatih klub Liga Premier Inggris tersebut.


Melansir ESPN, Selasa (29/3/2022), Ten Hag disebut sebagai kandidat kuat manajer permanen Setan Merah mengganti Ralf Rangnick pada akhir musim nanti. 


Van Gaal yang saat ini melatih Timnas Belanda, menyarankan Ten Hag agar memikirkan dua kali jika ingin hengkang dari Ajax Amsterdam ke Old Trafford. Van Gaal menilai Man United terlalu komersial untuk pelatih bagus seperti Ten Hag.


"Saya pikir Ten Hag adalah pelatih hebat; saya mengatakan itu berkali-kali," kata Van Gaal pada konferensi pers, Senin kemarin.


"Pelatih hebat bagus untuk Man United. Tapi Man United adalah klub komersial. Itu adalah pilihan sulit bagi seorang pelatih. Sebagai pelatih, Anda sebaiknya memilih klub sepak bola," sambung Van Gaal yang melatih Man United pada musim 2014-2016.


Van Gaal mengungkapkan pengalamannya melatih Man United. Dia mengkritik rencana tur pramusim United selama musim panas pertamanya sebagai pelatih.


Pelatih berusia 52 tahun tersebut mengeluhkan Man United terlalu fokus untuk menghasilkan uang dan tidak cukup mempersiapkan para pemain menghadapi musim baru.


"Kami harus mempersiapkan musim dan ketika Anda memiliki aktivitas komersial dan jarak yang mengerikan - harus terbang banyak dan jet lag - itu tidak positif untuk persiapan yang baik," katanya saat itu.


Van Gaal sendiri sukses membawa The Red Devils menjuarai Piala FA 2016 tetapi dipecat setelah final dan digantikan oleh Jose Mourinho.

Ten Hag adalah satu dari empat nama dalam daftar kandidat pelatih Man United. Nama lainnya adalah Mauricio Pochettino, Luis Enrique dan Julen Lopetegui.


Sumber ESPN menyebutkan, Man United percaya dengan kualitas Ten Hag untuk melatih Bruno Fernandes dan kawan-kawan. Hanya saja klub membantah menginginkan pelatih asal Belanda tersebut.


Van Gaal kembali menegaskan Erik ten Hag harus berpikir keras jika ingin melanjutkan karirnya di Man United. Dia mengaku punya hubungan dekat dengan Ten Hag.


"Saya tidak akan menemani kariernya," tambah Van Gaal. "Jika dia menginginkan itu, dia akan menelepon saya. Kami memiliki percakapan satu sama lain. Dia harus memilih klub sepak bola, bukan klub komersial," tandas Van Gaal.