Valentino Rossi Optimis Tatap MotoGP Le Mans Prancis

Finis 10 besar pada dua sesi latihan bebas

Valentino Rossi Optimis Tatap MotoGP Le Mans Prancis
Pebalap Petronas Yamaha MotoGP, Valentino Rossi. (Foto: Motogp)












KABAR.NEWS - Valentino Rossi optimis menatap gelaran MotoGP di Sirkuit Le Mans, Prancis. Hal itu setelah pebalap Petronas Yamaha ini finis dalam sepuluh besar pada sesi latihan bebas atau free practice (FP) satu dan dua, Jumat (14/5/2021).

"Hari ini lebih baik daripada sejumlah Grand Prix sebelumnya dan saya merasa positif dengan motor ini," kata Rossi, dilansir dari Antara yang mengutip laman resmi tim, Sabtu (15/5/2021).


Rossi start cukup baik di FP1 meski kondisi trek sempat basah setelah diguyur hujan, mencatatkan waktu yang menempatkan posisinya di sepuluh besar sebelum merangsek ke peringkat enam.


Namun, ketika kondisi trek mulai mengering jelang akhir sesi, sejumlah pebalap berganti ban kering menggeser catatan waktu Rossi ke P14.


"Kami beruntung, karena kami membutuhkan sesi latihan kering untuk memahami apa yang kami perbaiki di tes (bisa) Jerez bekerja di sini," kata pebalap berjuluk The Doctor ini.

Di FP2 dengan kondisi trek yang sepenuhnya kering, juara dunia sembilan kali itu kembali tampil kompetitif sebelum mengakhiri sesi dengan catatan 1:32,669 di P9, berjarak 0,922 dari Johann Zarco yang memuncaki catatan waktu secara umum setelah dua sesi latihan.


"Pagi ini di kondisi basah saya cukup cepat, tetapi pada siang hari saya merasa lebih baik dengan motor ini dan mampu membalap dengan baik. Saya memiliki laju yang baik, lebih presisi dan lebih konsisten," katanya.


"Ini baru Jumat, tetapi berada di sepuluh besar adalah penting hari ini. Kami masih perlu berbenah, tetapi ini akhir pekan yang normal dan sepertinya saya bisa lebih kuat di sini pada akhir pekan ini."


"Setting dan keseimbangannya lebih baik sekarang, ditambah Yamaha biasanya tampil baik di Le Mans, jadi ini penting," tandas Rossi.


Cuaca diprediksi akan hujan sepanjang akhir pekan di Le Mans, menjadi tantangan tersendiri bagi para pebalap yang ingin mengklaim peringkat sepuluh besar di ketiga sesi latihan akhir pekan ini.