Vaksinasi Perdana di Bantaeng, 12 Orang Tak Memenuhi Syarat

Wabup Sahabuddin orang pertama

Vaksinasi Perdana di Bantaeng, 12 Orang Tak Memenuhi Syarat
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (kiri) didampingi Bupati Bantaeng, Ilham Azikin saat memantau jalannya vaksinasi di RSUD Prof. Anwar Makkatutu Bantaeng, Selasa (2/2/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Bantaeng - Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, memulai penyuntikan Vaksin Covid-19 tahap pertama. Penyuntikan perdana ini digelar di Lantai 8 RSUD Prof. Anwar Makkatutu Bantaeng, Selasa (2/2/2021).


Dari 35 orang pertama yang hendak disuntik, hanya 23 orang memenuhi syarat divaksin. Dua belas di antaranya dinyatakan tidak lulus syarat saat proses screening kesehatan. Vaksinasi itu dihadiri langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin. (Baca juga: Di Bantaeng, Gubernur Sulsel: Nakes Sudah Sadar Akan Vaksin)


Penjabat yang disuntik vaksin tahap perdana adalah Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin, Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah, Kepala Dinas Kesehatan Andi Ihsan, Ketua Persakmi Bantaeng, Iwan Setiawan, Ketua IBI Bantaeng, Marwanty.


Selain itu, Ketua KAHMI Bantaeng, Nurdin Halim, Ketua KNPI Bantaeng, Muh Lutfi Yahya, Kajari Bantaeng, Dedyng Wibiyanto Atabay, Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa dan 11 di antaranya tenaga kesehatan (Nakes)


"35 orang pendaftar, cuman 23 orang yang lolos divaksin," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bantaeng, dokter Armansyah kepada KABAR.NEWS saat dikonfirmasi via telfon. 


Dia mengatakan, vaksinasi untuk Nakes ditarget rampung pada 20 Februari 2021 termasuk suntikan kedua vaksin merek Sinovac ini.


"Ditargetkan semua nakes mendapatkan vaksinasi Covid-19. Namun dalam prosesnya tentunya semua harus melewati proses skrining terlebih dahulu. Total vaksin yang datang 2.840 dosis. Nakes terdaftar di aplikasi 1.378 orang," jelasnya. 


Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengajak semua masyarakat di Bantaeng untuk ikut bersama-sama mencegah dan melindungi diri dari bahaya Covid-19. Menurutnya, salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini adalah dengan vaksin. 


"Kita berharap, vaksin ini dapat menekan penyebaran Covid-19. Kita berharap, kesadaran masyarakat untuk vaksin meningkat dan dapat mempercepat pencegahan Covid-19," jelasnya. (Baca juga: Fobia Jarum Suntik, Kadis PTSP Jeneponto Tegang Saat Divaksin)


Dia juga mengajak kepada semua pihak yang telah melakukan vaksin untuk terus melakukan sosialisasi tentang manfaat vaksin ini. Masyarakat juga diminta untuk tidak mudah percaya dengan informasi-informasi hoaks soal vaksin yang beredar di media sosial.


Penulis: Akbar Razak/A