Skip to main content

Urine Sering Berbusa, Waspada Tanda Penyakit Ini

hhghhg
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Urine merupakan cairan yang dikeluarkan tubuh saat buang air kecil. Ternyata, dari urine tersebut gejala sejumlah penyakit bisa diketahui.

Salah satunya jika urine nampak berbusa. Umumnya, sejumlah orang beranggapan jika hal ini terjadi karena proses pengeluaran yang cepat dan kandung kemih terlalu penuh sehingga cairan berbusa. Meski teori ini tak disalahkan, tetapi kamu harus tahu bahwa urine berbusa bisa menjadi tanda penyakit serius.

Bila sesekali urine berbusa, mungkin faktor kandung kemih penuh seperti yang dijelaskan di atas. Namun, jika terus menerus mengalami urine berbusa sebaiknya diperiksakan ke dokter. Pasalnya, urine mengalami perubahan warna dan berbusa hanya karena faktor obat-obatan dan gejala penyakit.

Dilansir dari Healtline, ada beberapa penyebab urine berbusa. Urine berbusa bisa karena kandungan yang terkontaminasi ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kurang cairan. 

Urine berbusa juga bisa mengandung lemak sebagai petunjuk orang tersebut terlalu banyak protein, seperti albumin. Protein dan urine akan bereaksi dan menciptakan busa ketika buang air kecil.

Urine berbusa bisa terjadi karena ginjal mengalami permasalahan. Ginjal adalah filter tubuh, sehingga jika ada masalah pada ginjal, air seni bisa jadi pertanda gangguannya. Ginjal yang rusak tidak bisa memfilter racun dengan sempurna.

Hal itu menyebabkan protein pada ginjal mengalir langsung ke urine dan disebut proteinuria, yang merupakan tanda penyakit ginjal kronis. Protein atau lemak yang keluar bersama urin dalam bentuk busa bisa menjadi pertanda beberapa penyakit ini:

1. Diabetes

2. Ginjal kronis

3. Tekanan darah tinggi.

4. Kerusakan saraf

 

 

loading...