Untuk Bayar TPP ASN, Pemkot Parepare Uji Coba e-Kinerja dari BKN

*Diuji coba oleh dua instansi

Untuk Bayar TPP ASN, Pemkot Parepare Uji Coba e-Kinerja dari BKN
Plt Kepala BKPSDM Parepare, Eko W Ariyadi. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, Sulawesi Selatan, sedang menguji coba aplikasi e-kinerja sebagai salah satu cara untuk melakukan penilaian pembayaran TPP Aparatur Sipil Negara (ASN). Aplikasi ini dirancang oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. 


Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare, Eko W Ariyadi kepada mengatakan, proses uji coba aplikasi e-kinerja ini dilakukan di dua instansi, yakni BKPSDMD dan Bagian Keuangan Setdako Parepare. 


Uji coba penerapan aplikasi perhitungan kinerja pegawai itu sudah berjalan dua pekan. jika aplikasi ini diterapkan sesuai kinerja ASN, maka pencairan TPP segera diproses.


“Prosesnya sekarang untuk mengetahui berapa perhitungan TPP yang bisa diterima melalui e-kinerja ini. Jadi kita sedang simulasikan,” kata Eko, Jumat (27/5/2022).


Simulasi penerapan aplikasi e-kinerja ditarget berjalan sebulan. Jika berjalan lancar dan sesuai dengan regulasi, aplikasi e-kinerja dari BKN ini dapat segera digunakan secara penuh di Parepare.


“Target kami sebulan (uji coba simulasi e-kinerja). Jika menurut tim IT sudah dapat digunakan, maka aplikasi e-kinerja dari BKN ini yang digunakan,” kata Eko.

Namun demikian, Pemkot Parepare, kata Eko, tetap menyiapkan rencana cadangan untuk aplikasi penghitung kinerja. Jika aplikasi e-kinerja dari BKN dinilai tidak sesuai, Pemkot Parepare akan usulkan untuk membuat aplikasi sejenis.


“Apabila aplikasi e-kinerja belum mengakomodir kebutuhan, kami akan mengajukan usulan ke Pemda untuk mereplikasi aplikasi yang sejenis,” tandas mantan Sekretaris Bappeda Parepare ini.


Penulis: Arsyad/C