Unismuh Makassar Launching PMB: Perkenalkan konsep Catur Dharma hingga Fasilitas

* Di hadapan 2 ribu siswa

Unismuh Makassar Launching PMB: Perkenalkan konsep Catur Dharma hingga Fasilitas
Rektor Unismuh Makassar Prof. Ambo Asse memaparkan sejarah dan konsep pendidikan Muhammadiyah pada peluncuran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Makassar, Senin (11/12/2023). (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Makassar - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar launching Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran 2024/2025 yang dimulai pada Senin (11/12/2023).


Peluncuran ini dihelat di Balai Sidang Muktamar Unismuh dan dihadiri oleh sekitar 2 ribu siswa yang merupakan utusan dari 30 sekolah di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.


Acara peluncuran dirangkaikan dengan Pameran Pendidikan dari 8 Fakultas, Program Pascasarjana dan Lembaga yang ada di Unismuh Makassar. Selain itu ada persembahan musik dari grup band mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar.


Acara puncak peluncuran dikemas dalam bentuk Talkshow "Satu Jam Bersama Unismuh Makassar" yang disiarkan langsung melalui YouTube TVRI Sulsel dan TV Muhammadiyah.


Talkshow yang dipandu Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerja Sama, dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Maharida menghadirkan 6 pembicara. 


Mereka adalah Rektor Unismuh Prof. Ambo Asse, Ketua Badan Pembina Harian Prof. Gagaring Pagalung, Wakil Rektor I Dr. Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof. Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV Dr. Mawardi Pewangi, dan Ketua UPT PMB Unismuh Prof. Nursalam.


Ambo Asse dalam kegiatan ini, memberikan sedikit gambaran mengenai Unismuh Makassar bahwa kampus ini lahir pada tanggal 19 Juni 1963 dan sudah berumur 60 tahun.


“Unismuh ini merupakan amal usaha yang mendukung gerakan persyarikatan Muhammadiyah. Unismuh juga memiliki visi - misi untuk menjadi universitas Islam yang terkemuka, terpercaya, unggul dan mandiri,” paparnya.


Ambo juga mengatakan bahwa Unismuh mengembangkan Catur Dharma, sehingga berbeda dengan universitas yang lain. Dimana Unismuh menetapkan empat poin.


Pertama, pendidikan dan pengajaran. Kedua, penelitian dan pengembangan. Ketiga, pengabdian pada masyarakat. Dan terakhir Pembinaan dan pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan.


Selain itu, Ketua Muhammadiyah Sulsel itu juga memperkenalkan kepada calon mahasiswa baru bahwa Unismuh memiliki delapan Fakultas dan juga memiliki satu Program Pascasarjana.


Terkait dengan Fasilitas dan Prasarana yang dimiliki Unismuh Makassar, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Prof. Gagaring Pagalung membeberkan bahwa Kampus Utama Unismuh yang terletak di Jl Sultan Alauddin memiliki luas 5 hektar.


Unismuh juga memiliki Pusat pengembangan dan Keilmuan Kedokteran yang memilki luas 4 hektar, juga ada RS PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar 4 hektar. Kedua aset tersebut terletak di Jalan Tun Abd Razak, Gowa. Ada pula Pesantren Darul Fallaah Unismuh yang memiliki luas 75 hektar.


“Dan yang paling penting juga bahwa pekan depan akan dibangun laboratorium sepuluh tingkat, untuk memfasilitasi delapan fakultas yang ada di Unismuh Makassar,” ujarnya.


Kurikulum dan Pendaftaran Gratis


Sementara itu, Wakil Rektor I Unismuh Dr Rakhim Nanda menjelaskan terkait kurikum yang digunakan Unismuh saat ini. 


“Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Outcime-Based Education (OBE). Yang dimana prosesnya tidak sekadar pembelajaran, tetapi bagaimana mahasiswa mengembangkan pembelajarannya dengan skill lebih banyak,” jelasnya.


Ia juga menyampaikan bahwa salah satu luarannya nanti adalah bagaimana mahasiswa memiliki skill yang cukup sehingga siap untuk menerima amanah yang diberikan.


"Kurikulum ini konteksnya akan disesuaikan dengan perkembangan teknologi, namun tetap harus dikuatkan dengan dasar dari filosofi pembelajaran yang jujur dan alami,” ungkapnya.


Adapun hal menarik yang ditawarkan untuk calon mahasiswa baru yakni, Unismuh akan membebaskan biaya pendaftaran dan hanya mengikuti seleksi nilai rapor, bagi calon mahasiswa yang mendaftar 11 Desember 2023 hingga 1 Maret 2024. 


Khusus calon mahasiswa Kedokteran, tetap wajib mengikuti Tes, baik Tes Kompetensi Bidang Kedokteran maupun Psikotes. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri.


Ia melanjutkan, pembayaran uang pembangunan mulai tahun ini bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus boleh diangsur empat kali dalam dua tahun. Dan juga seperti biasa Unismuh juga membuka tiga jalur beasiswa yakni, jalur Hafiz Quran, jalur prestasi, dan jalur aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah.


Untuk calon mahasiswa yang ingin menyalurkan bakat dan minatnya, Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi memaparkan bahwa Unismuh telah menyiapkan 11 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).


“UKM ini diapkan oleh Unismuh untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Unismuh kedepannya. Dan sudah banyak prestasi yang didaptkan baik tingkat Nasional maupun internasional,” papar Mawardi.


Selain itu, Prof. Nursalam selaku Ketua UPT PMB memberikan informasi kepada seluruh siswa dan siswi yang ingin mendaftarkan diri di Unismuh Makassar untuk membuat akun pada web pmb.unimuh.ac.id. 


Sebelum acara berakhir, tercatat sebanyak 1333 siswa telah membuat akun pendaftaran sebagai Calon Maba Unismuh Makassar.(*)