Skip to main content

Ultah Zhou Youguang Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia ?

Gd
Google Doodle Hari Ini (INT)

KABAR.NEWS - Google Doodle Hari Ini menampilkan hal istimewa pada Sabtu (13/1/2018). Nampak 
gambat Zhou Youguang terlihat di tampilan Google Doodle hari ini untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-112.

Di antara gambar buku-buku, tulisan Gǔgē dibolak-balik dengan penulisannya dalam aksara Tionghoa.

Siapakah sosok Zhou, sehingga dirayakan oleh Google Doodle?

Zhou lahir dengan nama Zhou Yaoping di Changzhou, Provinsi Jiangsu pada 13 Januari 1906 sebagai anak seorang pejabat Dinasti Qing.

Wafat di Beijing, 14 Januari 2017 pada umur 111 tahun.

Pada usia 10 tahun, dia dan keluarganya pindah ke Suzhou, Provinsi Jiangsu.

Pada tahun 1918, dia masuk Sekolah Menengah Atas Changzhou, di mana pada masa tersebut dia pertama kali menaruh minat dalam linguistik.

Dia lulus pada tahun 1923 dengan prestasi.

Pada tahun yang sama, Zhou masuk Universitas Santo Yohanes, Shanghai, dengan mengambil jurusan ekonomi dan mengambil kursus tambahan di bidang linguistik.

Karena kemiskinan keluarganya, dia hampir tidak mampu lanjut kuliah. namun teman-teman dan kerabatnya menggalang dana 200 yuan untuk biaya pendaftaran, dan juga membantunya membayar uang kuliah. 

Gerakan Tiga Puluh Mei 1925 membuatnya hengkang dan pindah ke Universitas Guanghua, di mana ia lulus pada 1927.

Pada tanggal 30 April 1933, Zhou menikahi Zhang Yunhe, dan pasangan ini berangkat ke Jepang untuk studi Zhou.

Zhou awalnya mengikuti program pertukaran pelajar di Universitas Tokyo kemudian pindah ke Universitas Kyoto karena kekagumannya terhadap ekonom Marxis Jepang, Hajime Kawakami, yang merupakan seorang profesor di sana pada waktu itu.

Namun, setelah penahanan Kawakami pada bulan Januari 1933 karena bergabung dengan Partai Komunis Jepang yang terlarang, Zhou tidak pernah berkesempatan menjadi mahasiswanya.

Ternyata Zhou merupakan ahli bahasa yang dikenal sebagai "Bapak Pinyin" karena perannya yang besar membuat bahasa Mandarin menjadi lebih mudah dipahami.

Pinyin adalah penggabungan bunyi atau romanisasi aksara dalam bahasa Mandarin. Sedangkan aksara adalah sistem simbol visual pada suatu media yang mengekspresikan suatu bahasa.

Zhou Youguang mengabdikan dirinya selama tiga tahun penuh hanya untuk mengutak-atik aksara Tionghoa. Ini sesuai dengan permintaan pemerintah pada 1955 yang menunjuk Zhou sebagai Kepala Komite Reformasi Bahasa Mandarin.

Hasil kerja kerasnya membuat romanisasi aksara-aksara Tionghoa itu dinikmati sejak 1958 hingga sekarang.

Hasilnya, peningkatan jumlah melek huruf di Tiongkok semakin naik tajam.

Pasalnya, ribuan karakter dalam bahasa Mandarin menjadi mudah dipahami dan diucapkan. Hingga kini, anak-anak mempelajari sistem pinyin sebelum mengenal aksaranya.

Bahasa ini juga sudah dapat digunakan dalam sistem teknologi. 

Berkat Zhou, kini upaya memasukkan karakter pada ponsel seluler dan komputer menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya.