Skip to main content

Ulasan Film Paradise Lost: Melihat Mafia Bekerja Lewat Escobar

Ulasan Film Paradise Lost: Melihat Mafia Bekerja Lewat Escobar
Pablo Escobar dalam film Paradise Lost. (Int)

KABAR.NEWS - Malam itu, di kota Meddelin, Kolombia, pablo Escobar (Benicio del Toro) terbangun dari tidurnya. Ia menarik napas yang panjang kemudian dihembuskan. 

Pablo Escobar menarik waktu ke belakang, mengingat pertama kali ia memutuskan akan menyerahkan diri ke pemerintah.

Pablo Escobar adalah mafia narkoba terkejam dan terkaya dalam sejarah Kolombia, dengan aset kekayaan mencapai $30 miliar.

Di puncak kejayaannya, Pablo Escobar mengontrol 80 persen perdagangan kokain di seluruh dunia.

Malam itu, sebelum menyerahkan diri ke pemerintah, Pablo Escobar memberikan misi kepada seorang pemuda berkulit putih asal Kanada. Dia adalah Nick  (Josh Hutcherson), seorang peselancar yang awalnya berencana membuka sekolah selancar bersama kakaknya di kota Meddelin sebelum akhirnya terjebak dalam "kegilaan" Pablo Escobar.

Pablo Escobar meminta Nick, menyembunyikan seluruh harta kekayaannya berupa uang dan berlian di dalam sebuah Gua di desa terpencil. 

Kenapa Nick yang hanya peselancar bisa menjadi tangan kanan seorang mafia narkoba terbesar di dunia? 
Awal cerita dimulai. 

Nick jatuh cinta kepada seorang perempuan manis berkulit sawo matang dengan rambut ikal. Wanita itu bernama Maria (Claudia Traisac). Maria tinggal tak jauh dari pantai tempat Nick bersama kakak dan iparnya mencari hidup.

Perkenalan mereka berjalan sangat sederhana. Hati keduanya saling terpikat sampai akhirnya Maria mengajak Nick mengenal keluarganya.

Pablo Escobar, si mafia narkoba kelas kakap adalah paman Maria. Nick tercengang saat mengunjungi kediaman Pablo Escobar.

fsh

Siang itu sedang berlangsung pesta kecil, Pablo Escobar bersama anak-anaknya tengah berenang, dan keluarga lainnya menikmati pesta.

Nick hanya bisa terdiam melihat segala kemewahan milik Escobar di setiap sudut rumah itu. 

Pablo Escobar memang mencintai kemewahan. Riwayat hidupnya menyebut, Pablo Escobar sangat menyayangi keluarga dan mengekspresikan kasih sayangnya lewat materi. Riwayat lain mengungkap hal lain tentang kegilaan Escobar dalam mengekspresikan rasa sayangnya terlihat saat putrinya terkena hipotermia, escobar membakar uang untuk bahan bakar penghangat putrinya.

Kedatangan Nick mendapat restu keluarga besar Maria, termasuk pamannya. 

Tapi Nick punya segudang tanda tanya di kepalanya tentang asal kekayaan paman pacarnya itu.

"Kokain," Maria dengan lantang menjawab kepada Nick.

Pesta malam itu berakhir, Nick diminta tinggal bersama Maria di kediaman Pablo Escobar dan meninggalkan Pantai tempat ia hidup.

Di rumah itu, kejanggalan demi kejanggalan mulai dirasakan Nick. Bermula saat Nick melihat seorang yang bekerja di rumah Pablo Escobar sedang membersihkan kakinya yang dipenuhi darah. Laki-laki itu adalah algojo Pablo Escobar.

Algojo itu baru saja membunuh dua orang pemuda dengan cara membakar hidup-hidup. Tentu atas perintah Pablo Escobar.

Kasus demi kasus pembunuhan didengar   Nick. Berdasarkan riwayat semasa hidup, Pablo Escobar terlibat 4 hingga 5 ribu kasus pembunuhan. Korbannya adalah  musuh sesama kartel, masyarakat sipil, jaksa, jurnalis, dan yang tak boleh ketinggalan adalah puluhan anggota DAS atau FBI-nya Kolombia.

Nyawa manusia bagi Pablo Escobar diibaratkan seperti bola bilyar dan sodokannya. Siapa yang menjadi target selanjutnya, akan disodok begitu saja.

Pablo Escobar seakan dengan mudah mengendalikan kehidupan dan menyingkirkan siapa saja yang menghalanginya. 

Pablo Escobar memiliki penjaga dengan senjata lengkap yang kapan saja bisa membasmi yang mengusiknya.

Pablo Escobar juga selalu punya akses untuk melindungi dirinya dari jeratan hukum atas kejahatannya.

dsg

Dalam film tersebut, kehidupan Pablo Escobar mulai terguncang saat kejahatannya mulai tercium publik. Ia juga ketahuan terlibat dalam kasus pembunuhan Menteri Kehakiman. 

Atas kasus itulah, Pablo Escobar akhirnya memutuskan untuk menyerahkan diri ke pemerintah. Tapi semuanya tidak berjalan senatural itu. Pablo Escobar telah mengatur segala penyerahan dirinya dengan sangat sempurna. 

Sampai dengan membangun penjara yang telah didesain secara mewah. Penjara itu disebut Ketedral.

Akhir kisah Paradise Lost yang disutradarai Andrea DiStefano inipun cukup mencekam. Ketika  Nick berupaya lari dari jebakan situasi gila Pablo Escobar. Nick berhasil membunuh algojo yang paling dekat dengan Pablo Escobar. Keberanian Nick tercium oleh Pablo Escobar. Pablo berkata "Aku akan membeli teleskop yang canggih dan akan ku arahkan ke langit yang di arahkan ke langit, dan aku Pablo Escobar akan mengawasinya "

 

Flower

 

loading...