UIN Alauddin Makassar Punya 3 Guru Besar Baru

* Kini UIN Alauddin memiliki 58 guru besar atau Professor

UIN Alauddin Makassar Punya 3 Guru Besar Baru
Tiga guru besar baru UIN Alauddin Makassar yang baru saja dikukuhkan, Senin (15/5/2023). (IST)






KABAR.NEWS, Gowa - Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis kembali mengukuhkan tiga guru besar baru, di Gedung Auditorium, Kampus II UIN, Samata, Gowa, Senin (15/5/2023).


Ketiga Professor ini dikukuhkan melalui Sidang Senat Terbuka Luar Biasa yang dibuka langsung Ketua Senat UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. HA Qadir Gassing.


Ketiga guru besar tersebut adalah Prof. Dra. Siti Azisah M.Ed Ph.D, professor dalam bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 


Kemudian Prof. Dr. Mashuri Masri S.Si M.Kes, Professor dalam bidang Ilmu Mikrobiologi Umum, pada Fakultas Sains dan Teknologi.


Dan selanjutnya, Prof. Dr. Amrah Muhammad Kasim M.A, guru besar dalam bidang Ilmu Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 


Dengan bertambahnya guru besar, maka jumlah total guru besar di kampus peradaban bertambah di antarany belum dikukuhkan.


Hamdan Juhannnis ingin atmosfer pendidikan di lingkungan kampus semakin bagus dan menjadikan UINAM sebagai perguruan tinggi yang komprehensif.


“Perguruan tinggi yang komprehensif adalah perguruan tinggi yang tidak hanya bagus dan excellence di bidang pembelajaran, tetapi juga bagus di bidang riset dan pengembangan ilmu pengetahuan serta inovasi,” ucapnya.


Dengan menjadi guru besar, ia menyebut, amanah yang diemban akan semakin besar, terutama soal pengembangan komunitas pendidikan di berbagai lini.


Dia menegaskan, jabatan guru besar yang merupakan insan terdidik harus mampu menjadi sumber rujukan bagi kajian ilmu tertentu dan bertanggung jawab atas ilmunya.


"Para Guru Besar, bagi dunia, Anda itu semua hanya satu orang, tapi banyak orang anda adalah dunia. Bagi banyak orang, kalian adalah oase, Anda adalah harapan, role model kehidupan," ujarnya.


"Para guru besar yang baru saja dikukuhkan, saya mengajak, mari kita melakukan yang terbaik dalam hidup kita," pungkasnya.