Skip to main content

Tumbangkan Persipura 4-2, PSM Makin Kokoh di Puncak Klasemen 

Pemain PSM Makassar melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura.(KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)


KABAR.NEWS, Makassar - PSM Makassar berhasil mengamankan tiga poin usai menang 4-2 atas Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 pekan ke 29 di Stadion Andi Mattalatta,Makassar, Minggu  (4/11/2018).


Meski sempat tertinggal 2-1 di awal babak kedua, PSM berhasil membalikkan keadaan setelah M Rahmat, Ferdinand Sinaga, dan Alesandro "Sandro" sukses menambah gol.


Baca Juga: 


Empat gol PSM masing-masing disumbangkan oleh Wiljan Pluim '12, M Rahmat '80, Ferdinand Sinaga 82 dan Sandro '89. Sedangkan dua gol Persipura dicetak Boaz Salossa '26, dan gol bunuh diri Reva Adi Utama menit ke-58.


Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Tim Juku Eja langsung tampil menekan melalui sektor sayap yang dihuni oleh M Rahmat dan Heri Susanto. Namun setelah 20 menit laga berjalan, Persipura akhirnya mampu mengimbangi agresivitas PSM dengan menciptakan berbagai peluang.


Dua menit tambahan waktu di babak pertama, gagal dimanfaatkan kedua kubu untuk menambah gol. Skor imbang 1-1 pun menjadi penutup akhir babak pertama.


Memasuki babak kedua, PSM kembali meningkatkan agresivitas dengan menarik keluar Herri Susanto dan memasukkan Sandro pada awal babak kedua.


Alih-alih ingin menambahkan keunggulan, PSM justru harus tertinggal 2-1 dan sontak membuat seisi stadion terdiam, setelah Reva Adi Utama melakukan gol bunuh diri. 


Tertinggal 2-1, pelatih Robert Rene Alberts langsung merespon gol Persipura dengan melakukan pergantian pemain, diantaranya menarik keluar Guy Junior dan memasukkan Ferdinand '66, dan juga Asnawi Mangkualam Bahar menggantikan Rasyid Bakri '72.

 


Perubahan strategi yang dilakukan Robert berbuah manis. Terbukti dalam 10 menit, PSM Makassar berhasil mencetak 3 gol. Pada menit ke-80 melalui M Rahmat. Gol Rahmat dicetak setelah berhasil memanfaatkan umpan silang Reva Adi Utama dan berhasil ditanduk dan bola pun masuk ke gawang. 


Dua menit berselang PSM berhasil membalikkan keadaan setelah Ferdinand Sinaga berhasil mencetak gol. Dan lagi-lagi gol tercipta melalui sundulan dan mengubah skor menjadi 3-2.


Gol kemenangan PSM Makassar akhirnya bertambah setelah Sandro berhasil menciptakan gol setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Dede Sulaiman.


Dengan hasil ini PSM makin kokoh di puncak klasemen dengan nilai 53 dan menjauh untuk sementara dari kejaran Persija Jakarta yang kalah 3-0 dari Persebaya Surabaya. Selain itu, kemenangan ini menjadi kado manis ultah PSM yang ke-103.

 

  • Defri Ferdiansyah 


loading...