Truk Sampah Jadi Bus Wisata Makassar Mulai Beroperasi

Sebagai percontohan untuk melayani masyarakat dengan transportasi gratis.

Truk Sampah Jadi Bus Wisata Makassar Mulai Beroperasi
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dan PJ Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin saat meresmikan beroperasinya Bus Wisata.(Kabar.News/Fitria)






KABAR.NEWS, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar telah melaunching Bus Wisata Metro Makassar. Bus ini merupakan hasil modifikasi dari truk sampah Tangkasa. 

Diketahui, truk Tangkasa merupakan rintisan mantan Wali Kota Makassar, Muhammad Ramdhan "Danny" Pomanto. Truk ini sebelumnya mengangkut sampah rumah tangga.

Namun, PJ Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, menilai bahwa pihaknya menginisiasi truk sampah Tangkasa untuk diubah karena tidak efektifnya penggunaan dalam pengangkutan sampah rumah tangga. 

"Kenapa kami berfikir menggunakan mobil sampah, karena keluhan petugas sampah kita, mobil sampah tangkasa itu sangat merepotkan, mulai dari menaikkan sampah ke atas, sampai membuang sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) membutuhkan waktu dua jam," ujar Rudy Djamaluddin di Anjungan Pantai Losari, Kamis (3/12/2020). 

Rudy juga mengadakan operasional mobil sampah compactor, dengan rasio efesiensinnya satu banding tiga mobil sampah Tangkasa. 

"Belum lagi kalau kita bicara efesiensi penanganan dan lain sebagainya, tentu termasuk keindahan Kota Makassar," tambahya.

Untuk saat ini, sebanyak 3 unit bus wisata akan dioperasikan di pusat Kota Makassar. Hal ini kata Rudy sebagai percontohan untuk melayani masyarakat dengan transportasi gratis. 

"Alhamdulillah, percontohan pertama sudah bisa diselesaikan, dan semoga memberi manfaat layanan warga Kota Makassar, dan tentu mendorong pariwisata," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan, hal ini merupakan ide baru yang dicanangkan Pemerintah Kota Makassar. Diakui Nurdin, tak hanya sebagai inovasi transportasi, namun juga mampu menghemat anggaran. 

"Ini merupakan berkah untuk warga Makassar, karena ini merupakan ide yang sangat brilian, karena ini hal yang pertama kali dilakukan, mengubah mobil yang sudah tua menjadi bus wisata. Sehingga biaya yang dibutuhkan juga bisa diminimalisir," tutur Nurdin.

Teknis oprasional Bus Wisata diketahui terdapat tiga koridor dengan 29 halte yang disiapkan. Untuk koridor pertama, ada tujuh halte yang akan disinggahi dengan rute start dan finish di Jalan Datu Museng depan RS Stela Maris.

Sedangkan koridor dua dan tiga masing-masing 14 halte. Kedua koridor itu start dan finish di Anjungan Pantai Losari. Sementara bus di koridor tiga masuk ke kawasan kuliner lego-lego CPI. Bus ini akan melalui beberapa jalur utama. Yaitu Jalan Penghibur, Ahmad Yani, Jendral Sudirman dan Haji Bau.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B