Tragis! 15 Buruh di India Tewas Digilas Truk Saat Tidur

- Pekerja yang kehilangan rumah

Tragis! 15 Buruh di India Tewas Digilas Truk Saat Tidur
Mobil truk yang menggilas pekerja di Kosamba, Gujarat, India. (Dok. The Dawn National)

KABAR.NEWS, New Delhi - Insiden tragis menimpa 15 buruh atau pekerja migran tewas tergilas mobil truk saat tidur di jalanan di negara bagian asal Perdana Menteri India, Narendra Modi.


Menurut otoritas setempat yang dilansir Sputnik News, kejadian tersebut terjadi di Kosamba, Gujarat, pada Selasa (19/1/2021) saat para buruh sedang tidur di trotoar. Mereka mendiami tempat itu karena kehilangan pekerjaan.


"Sebuah truk bertabrakan dengan sebuah traktor yang memuat tebu, setelah itu pengemudi truk kehilangan kendali dan melaju di atas trotoar tempat para pekerja sedang tidur," kata Polisi Gujarat dalam sebuah pernyataan.


Kata polisi, sebanyak 18 pekerja sedang tidur di jalan setapak menambahkan bahwa 12 dari pekerja tewas di tempat sementara tiga lainnya meninggal karena luka-luka selama di rumah sakit.


Seorang pejabat polisi mengatakan, semua pekerja berasal dari negara bagian Rajasthan. Pekerja terluka sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan kondisinya kritis.


Setelah insiden tersebut, Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban dan mengumumkan ex-gratia masing-masing sebesar 2 ribu dollar AS untuk anggota keluarga dari mereka yang kehilangan nyawa. Dan 683 dolar untuk korban luka-luka.


Ini bukan kasus pertama para pekerja di India tewas tergilas truk. Pada Mei 2020 saat pemerintah setempat membelakukan Lockdown, 20 pekerja tewas menggenaskan dalam sebuah insiden kecelakaan mobil truk yang membawa pekerja yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.