Skip to main content

TPID tak Bisa Intervensi Harga Tiket Pesawat, Inflasi Sulsel Pada Desember Diprediksi 0,4%

Direktur BI Sulsel Dwipoetra S Besar bersama Pj Sekda kota Makassar Naisyah T Azikin dan TPID kota Makassar menggelar jumpa pers terkait pengendalian inflasi pada Desember 2018 di Cafe Gastros Nipah Mal Makassar, Rabu (5/11/2018).


KABAR.NEWS, Makassar - Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia (BI) wilayah Sulawesi selatan (Sulsel) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar menggelar pertemuan untuk menjaga tingkat inflasi pada Desember 2018 di Cafe Gastros, Nipah Mal Makassar, Rabu (5/12/2018). 

 

Dalam rapat tersebut, TPID Makassar fokus untuk menjaga distribusi dan stok pangan agar tidak terjadi gejolak harga pangan di masyarakat saat momen Natal dan Tahun Baru. Dengan kondisi tersebut akan menyebabkan inflasi di Makassar, khususnya Sulsel bergejolak.


Baca Juga: 


Direktur BI Sulsel, Dwipoetra S Besar mengaku BI secara rutin menggelar pertemuan dengan TPID Makassar untuk pengendalian inflasi.


" Kita dalam satu bulan melakukan pertemuan sampai dua kali dengan TPID. Dan pertemuan ini kita lakukan karena historis pada akhir tahun inflasi selalu tinggi," sebutnya kepada KABAR.NEWS. 


Poetra menegaskan dalam setiap pertemuan, bagaimana BI bersama TPID menjalankan 4K yakni Ketersediaan pasoka, Kelancaran distribusi, Keterjangkauan masyarakat, dan Komunikasi efektif dengan stakeholder. 


"Kita selalu berharap dipenutup tahun inflasi bisa tetap terjaga. Untuk itu, kita harus menjalankan Roadmap inflasi yang telah ditentukan," paparnya. 


Poetra mengungkapkan pada Desember 2018, BI Sulsel memproyeksi inflasi Sulsel mencapai 0,1 hingga 0,4 persen (mtm) dan 2,5 hingga 4 persen (yoy). 


" Kami proyeksikan inflasi Sulsel tidak akan melebihi target 1 persen pada Desember ini," tegasnya. 


Sementara terkait harga tiket pesawat, Poetra mengaku TPID tidak bisa melakukan intervensi karena ketentuan penetapan harga ditentukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


"Jadi TPID tidak bisa melakukan intervensi harga tiket pesawat, karena itu kewenangan pemerintah pusat," tegasnya.


Meski demikian, dirinya mengakui jika harga tiket pesawat pada Desember 2018 akan menjadi penyumbang tertinggi Inflasi Sulsel.


"Biasanya memang kalau ada hari besar keagamaan tarif angkutan udara akan mengalami kenaikkan, sehingga menyebabkan inflasi," pungkasnya. 


Sementara Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar, Naisyah T Azikin berharap seluruh stakeholder bisa bersama-sama menjaga ketersediaan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru. Dengan harapan tersebut, Inflasi di Makassar bisa tetap terkendali.


"Pemkot Makassar sudah mempunyai beberapa program untuk pengendalian inflasi dan kita semua berharap itu bisa memberikan sumbangsih pengendalian inflasi," pungkasnya. 

 

  • Ulfa

 

loading...