Toraja Utara Tutup Sementara Semua Objek Wisata

Karena kasus Covid-19 terus bertambah

Toraja Utara Tutup Sementara Semua Objek Wisata
Pemandangan pada objek wisata Negeri di Atas Awan, Lolai, Toraja Utara. (Foto: Instagram/visittorajautara)






KABAR.NEWS, Rantepao - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, mulai Jumat (23/7/2021) hari ini menutup untuk sementara semua daerah tempat wisata untuk menekan laju penularan Covid-19 yang semakin bertambah.


Penutupan sementara tempat wisata di Torut diputuskan melalui sesuai surat edaran Bupati Toraja Utara No. 443/0771/BPBD tanggal 19 Juli 2021 tentang Penanganan dan Pemutusan Mata Rantai Covid 19 di Kabupaten Torut.


"Langkah-langkah yang kami ambil atas surat edaran Pak Bupati ada tiga yakni pertama menutup sementara semua Daerah Tujuan Wisata (DTW) mulai Jumat 23 juli hingga tanggal 5 Agustus 2021," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Torut, Yorry R, kepada KABAR.NEWS di kantornya, Jumat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Torut, Yorry R. (KABAR.NEWS/Febriani)


Kemudian yang langkah kedua, lanjut Yorry, bahwa selama masa penutupan sementara akan dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Torut di seluruh tempat wisata tersebut.


"Langkah ketiga yakni disampaikan kepada seluruh pengelola tempat wisata tanpa terkecuali untuk tetap menjaga dan memelihara kebersihan DTW (daerah tempat wisata)," tambahnya.


Lebih lanjut dijelaskan Yorry bahwa nantinya akan diinformasikan lebih lanjut terkait waktu pembukaan DTW kembali setelah mengevaluasi situasi dan kondisi penanganan Covid-19 di Torut .


"Penutupan sementara DTW ini berlaku selama 14 hari atau 2 Minggu, untuk pembukaannya kembali, nanti kita akan informasikan karena kita akan tetap berpedoman pada aturan Bupati dan juga melihat bagaimana perkembangan kasus Covid-19 di Toraja ini," pungkasnya.


Diketahui, salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Torut berasal dari sektor pariwisata. Penutupan tempat wisata selama dua pekan diprediksi memengaruhi aktivitas perekonomian warga. 

Toraja Utara memiliki tempat wisata yang eksotik seperti Kampung Lolai Negeri di Atas Awan, Patung Yesus di Buntu Burake dan banyak lainnya.


Penulis: Febriani/A