Toraja Highland Festival bakal Dimeriahkan Sejumlah Event, Berikut Jadwalnya

Sempat tertunda

Toraja Highland Festival bakal Dimeriahkan Sejumlah Event, Berikut Jadwalnya
Konferensi pers Toraja Highland Festival 2021. (KABAR.NEWS/Febriani)












KABAR.NEWS, Rantepao - Toraja Highland Festival (THF) yang digagas oleh masyarakat sadar wisata (Masata) dan Geopark Toraja akan digelar pada 4 hingga 10 Oktober 2021.


Ketua Masata Kabupaten Toraja Utara (Torut) Damayanti Batti' mengatakan THF ini mengusung tema Sinergitas Antarlini Untuk Membangkitkan Pariwisata dari Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Bangsa.


"Kegiatan Toraja Highland festival akan diselenggarakan tanggal 4 sampai tanggal 10 Oktober 2021 yang sebelumnya sempat tertunda ya, sekitar 4 kali dan akhirnya terselenggara juga," ucap Damayanti pada konferensi pers di Kantor Gabungan Dinas Torut, Tondon Marante, Selasa (28/9/2021).


Damayanti menjelaskan, festival ini bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI), Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Pemerintah Kabupaten Torut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), FKIJK, Bank SulSelbar dan Badan Kerajinan Nasional Daerah Sulsel.


"Sementara yang mendukung festival ini yakni Bank Papua, Bank BRI, Bank Mandiri, BNI, Honda, Pixelcity, Traveloka, Ichitan, Nikon, Iki Shipyard, Kem Food dan Le Mineral," katanya.


Damayanti pun berharap, THF bisa menjadi event tahunan dengan satu tujuan yaitu memperlihatkan kembali pariwisata Toraja. Festival ini melibatkan masyarakat sebagai motor penggerak utama dan desa sebagai pusat pertumbuhan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional Covid-19.


Sementara Wakil Bupati Torut Frederick V. Palimbong mengatakan bahwa THF merupakan festival kedua yang dilakukan sepanjang tahun ini di tengah pandemi Covid-19. Dimana yang pertama yaitu Toraja Internasional Festival.


Dedy, sapaan akrabnya, meminta kepada panitia agar setiap pelaksanaan dipersiapkan dengan baik kemudian disosialisasikan ke luar untuk mendapakan hasil yang baik, termasuk dampak bagi UKM terutama bidang pariwisata yng mengalami penurunan drastis sejak pandemi Covid-19.


"Saya berterima kasih kepada sponsor dan masyarakat sadar wisata yang menjadi sponsor kegiatan ini," ungkap Dedy.


Pemerintah kata Dedy, tetap hadir dalam mendorong pariwisata bukan hanya dari satu sisi, tetapi berbagai sisi seperti bidang olaraga. Selain itu, pemerintah terus mendorong masyarakat untuk sadar wisata dengan terus menjaga kebersihan dan kelestarian, serta terus mendorong vaksinansi bisa 100 persen di Torut. 


Berikut ini lokasi sejumlah rangkaian kegiatan Toraja Highland Festival 2021:


1. Bulan Inklusi Keuangan bertempat di Hotel Misiliana pada 4 Oktober 2021


2. Seminar Nasional di Hotel Misiliana pada 5 Oktober 2021


3. Vaksinasi yang didukung Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan sebanyak 5 ribu dosis di Lapangan Bakti Rantepao pada 4 - 9 Oktober 2021


4. Experiental Learning/TOT Outbound bertempat di Buntu Pempon, Lembang Palangi', Torut, 4 sampai 5 Oktober 2021


5. Pekan Raya Toraja seperti kegiatan pameran & bincang santai UMKM juga pameran & klinik fotografi bertema wisata dan foto produk UMKM bertempat di Lapangan Bakti Rantepao pada 4 sampai 10 Oktober 2021.


Penulis: Febriani/B