Tolak Jadi Caleg, Andi Muhammad Fokus Ikut Pilgub Sulsel

* Mantan Pangdam Hasanuddin

Tolak Jadi Caleg, Andi Muhammad Fokus Ikut Pilgub Sulsel
Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)






KABAR.NEWS, Makassar - Mayor Jenderal TNI (Purn) Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki mengaku mendapat tawaran menjadi anggota partai politik tak lama setelah pensiun dari dinas militer.


Andi Muhammad diajak berpartai untuk didorong sebagai calon anggota legislatif atau Caleg pada Pemilu 2024. Beberapa tawaran itu ditolak karena alasan ingin fokus mengikuti pemilihan gubernur atau Pilgub Sulawesi Selatan (Sulsel).


"Banyak ketua partai yang mengajak saya menjadi anggota partainya dan mau menjadikan saya salah satu calon legislatif DPR RI," ujar Andi Muhammad saat ditemui di Makassar, Sabtu (21/1/2023).


"Tapi saya tolak dan saya bilang mau fokus Sulsel satu. Biarkan kasi kesempatan kepada yang lain untuk mencalonkan sebagai caleg," imbuh Andi Muhammad.


Mantan Pangdam Hasanuddin itu tak ingin menyebut partai apa saja yang mengajaknya bergabung. Andi Muhammad hanya menegaskan ditemui elite parpol untuk membahas pileg dan pilgub.


"Dari 17 partai yang lolos itu, mungkin separuh itu  sudah ketemu sama saya elite-elite partainya," klaim Andi Muhammad.


Pria kelahiran Kabupaten Bone ini mengaku dorongan keluarga menjadi pertimbangan utamanya menjadi bakal calon gubernur Sulsel. Muhammad memastikan mesin politiknya sudah siap di 24 kabupaten kota.


"Saya tegaskan lagi saya siap menjadi calon Gubernur Sulawesi Selatan. Kalau bicara kesiapan, kalian lihatlah di seluruh kabupaten kota bagaimana dukungan keluarga saya, kultur saya. Jadi jangan ragukan kalau itu (pilgub)" tandas Andi Muhammad.