Tito Puji Postur APBD dan Pertumbuhan Ekonomi Sulsel

* Komposisi APBD Sulsel tahun 2023 dianggap kuat

Tito Puji Postur APBD dan Pertumbuhan Ekonomi Sulsel
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (IST/Humas Pemprov Sulsel)

KABAR.NEWS, Makassar - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku bahwa komposisi pendapatan APBD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun anggaran 2023 tergolong kuat.


Hal itu disampaikan Tito dalam forum Penanganan Pemulihan Ekonomi dan Inflasi Sulsel kepada Gubernur Sulsel, Forkopimda dan Kepala Daerah se Sulsel di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Jumat (27/1/2023).


Adapun komposisi pendapatan APBD Provinsi Sulsel TA 2023 tergolong kuat, dengan PAD 57,25 persen dan pendapatan transfer 42,65 persen.


"Sulsel ini (komposisi pendapatan APBD Provinsi Sulsel TA 2023) pendapatan transfer 42,65 persen dan PAD 57,25 persen. Saya melihat dari segi pendapatan, Sulsel agak kuat," kata Tito dalam keterangan tertulis.


Tito Karnavian pun mengakui bahwa ekonomi Sulsel memperlihatkan pertumbuhan yang baik. Serta inflasi yang terkendali.


"Inflasi untuk Sulsel sementara ini cukup terkendali, pertumbuhan ekonominya juga bagus. Karena penyumbang pangan dan swastanya juga hidup," ungkapnya.


Ia pun mendorong Pemprov dan Pemerintah KabupatenKota, untuk terus mencari peluang agar PAD dapat meningkat. Serta mengoptimalisasi belanja daerah. 


"APBD untuk mempercepat pembangunan, mempercepat recovery. (Kita harap) itu tepat sasaran dan bisa dimaksimalkan di sampai akhir tahun," pungkasnya.


Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menuturkan, "Alhamdulillah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bapak Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan terkait penanganan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi," tuturnya.


"Kita harap dengan arahan bapak Mendagri kepada kami selaku Pemprov, Forkopimda dan bupati wali kota dapat memaksimalkan upaya
penanganan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi," imbuhnya.