Timsel Zona 1 Sulsel Tegaskan Penyandang Disabilitas Bisa Daftar Calon Anggota Bawaslu

* Pendaftaran calon anggota Bawaslu Zona 1 Sulsel akan diperpanjang jika kuota perempuan belum cukup

Timsel Zona 1 Sulsel Tegaskan Penyandang Disabilitas Bisa Daftar Calon Anggota Bawaslu
Tim seleksi calon anggota Bawaslu Zona 1 Sulsel menyosialisasikan tahapan dan syarat pendaftaran kepada masyarakat di Kabupaten Jeneponto. (IST)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Zona 1 Sulsel menegaskan penyandang disabilitas punya hak yang sama untuk ikut mendaftar hingga duduk sebagai pengawas pemilu.


Hal itu disampaikan Anggota Timsel Zona 1 Sulsel, Muhammad Ridha pada sosialisasi pendaftaran calon anggota Bawaslu di Kabupaten Jeneponto  Kamis (25/5/2023).


Acara ini dihadiri perwakilan ormas, organisasi perempuan, kelompok disabilitas dan tokoh masyarakat.


Ridha menyatakan persyaratan sehat jasmani dan rohani, tidak mendiskriminasi kelompok disabilitas dari segi fisik. Apalagi jika memiliki surat keterangan sehat yang dikeluarkan otoritas terkait.


“Jadi tidak memandang status fisik seorang penyandang disabilitas, makanya dia punya hak sama dalam mengikuti rekrutmen calon anggota Bawaslu sepanjang memiliki surat keterangan dari rumah sakit pemerintah atau pun Puskesmas," kata Ridha dalam keterangan tertulis.


Selain tentang disabilitas, Anggota Timsel Sofyanto  menanggapi kegelisahan masyarakat mengenai integritas penyelenggara pemilu, termasuk timsel.


Menurut mantan Ketua Bawaslu Jawa Timur ini, integritas itu tidak sekadar diucapkan, tetapi harus dilembagakan dalam tugas-tugas sehari-hari.


"Misalnya persyaratan kerja penuh waktu, disiplin, taat asas dan aturan kelembagaan. Itulah hasil dari integritas yang dimaksud," tegasnya.


Mengenai keraguan kelompok perempuan pada pencapaian kuota 30 persen, anggota Timsel, Mardia merinci bahwa pedoman kerja timsel sudah menjamin upaya pemenuhan kuota yang dimaksud. 


“Misalnya, apabila dalam proses pendaftaran jumlah calon belum mencapai kuota yang dimaksud, maka berdasarkan pedoman Bawaslu, maka Timsel melakukan perpanjangan masa pndaftaran selama 3 hari kerja," jelasnya.


Berkaitan dengan hal tersebut, M. Nawir sekretaris Timsel Zona 1 menambahkan, perlunya persiapan yang matang bagi para pendaftar calon anggota Bawaslu.


“Timsel merupakan pelaksana teknis dari peraturan Bawaslu, sehingga domain tugas kami adalah bagaimana menfasilitasi proses seleksi sesuai tahapan dan batasan waktunya," kuncinya


Sekadar diketahui, sosialisasi merupakan rangkaian tugas Timsel Anggota Bawaslu Zona 1 yang meliputi enam daerah. Sebelumnya, sosialisasi digelar di Kabupaten Takalar, Sinjai dan Bulukumba serta dijadwalkan berakhir di Selayar pada 27 Mei 2023.