Timnas Indonesia Tekuk Vietnam dan Lolos Piala Asia U-20

* Dendam Shin Tae-Yong terbalaskan

Timnas Indonesia Tekuk Vietnam dan Lolos Piala Asia U-20
Gelandang serang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada pertandingan Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (18/9/2022). (Twitter/pssi)

KABAR.NEWS, Surabaya - Timnas Indonesia lolos ke final Piala Asia kelompok umur 20 tahun usai mengalahkan Vietnam dalam pertandingan kualifikasi grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.


Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. Kemenangan ini menebus dendam pelatih skuad Garuda, Shin Tae-Yong, kepada Vietnam yang dianggap bermain curang saat Piala AFF U-19 edisi 2022.


Tiga gol kemenangan dicetak Marselino Ferdinan menit ke-60. Disusul gol Muhammad Ferrari menit ke-82 dan ditutup oleh Rabbani Tasnim menit ke-85.


Sementara, dua gol dari Vietnam masing-masing dicetak oleh Nguyen Thanh Nhan menit ke-66 dan gol bunuh diri Ferrari menit ke-79. 


Kemenangan 3-2 atas Vietnam menjadikan Indonesia sebagai juara grup F kualifikasi Piala Asia U-20. Garuda muda mengoleksi sembilan poin dari tiga pertandingan.


Hasil ini membawa Indonesia sebagai salah satu kontestan Piala Asia U-20 yang digelar di Uzbekistan pada tahun 2023. Adapun Vietnam masih berpeluang lolos sebagai runner up terbaik.


Selain Vietnam, di grup F kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia tergabung bersama Hong Kong dan Timor Leste.