Timnas Indonesia kembali Gilas Curacao

* Rangkin dunia Timnas Indonesia naik menjadi 152

Timnas Indonesia kembali Gilas Curacao
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai Dendy Sulistiyawan mencetak gol kemenangan ke gawang Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9/2022). (PSSI)






KABAR.NEWS, Bogor - Timnas Indonesia kembali mengalahkan Timnas Curacao dalam FIFA Match Day kedua di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9/2022) malam.


Skuad Garuda menekuk negara kepulauan Karibia itu dengan skor 2-1. Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Dimas Drajad dan Dendy Sulistiyawan. Sebiji gol Curacao diciptakan Jeremy Antonisse.


Jalannya Pertandingan


Laga yang disaksikan puluhan ribu pasang mata di Pakansari tersebut berlangsung keras sejak menit awal. Wasit tercatat mengeluarkan total 8 kartu kuning untuk kedua tim dan satu kartu merah kepada pemain Curacao.


Timnas Indonesia unggul lebih awal lewat tendangan Dimas Drajad. Gol tersebut tercipta setelah tendangan first time Witan Sulaeman dimuntahkan kiper Curacao.


Dimas Drajad yang berdiri tanpa penjagaan ketat bek Curacao, berhasil menjaringkan bola dan merubah kedudukan menjadi 1-0 saat pertandingan baru berjalan 3 menit.


Tertinggal satu gol membuat Curacao terus menekan ruang pertahanan Timnas Indonesia hingga 20 menit babak pertama. Berbagai peluang berhasil dibangun tim tamu namun selalu gagal dalam penyelesaian akhir.


Sebaliknya, tuan rumah berupaya membangun serangan melalui pergerakan cepat Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri di sisi kiri dan kanan Curacao. Hingga babak pertama usai, skor 1-0 keunggulan Indonesia tak berubah.


Usai jeda, pelatih Timnas Curacao memasukkan dua gelandang untuk menambah daya dobrak tim. Salah satunya adalah pencetak gol, Jeremy Antonisse mengganti Gevaro Napomucenno.


Tiga menit berada di lapangan, Jeremy sukses menjebol gawang Indonesia yang dijaga Syahrul Fadil. Pemain nomor punggung 13 tersebut mencetak gol setelah lolos dari jebakan offside pemain Timnas Indonesia. Skor 1-1 menit 47.


Kebobolan membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong menarik Ricky Kambuaya yang diganti oleh Marcelino Ferdinand. Menyusul masuknya Dendy Sulistiyawan mengganti Egy Maulana dan Muh. Rafli mengganti Dimas Drajad pada menit 66.


Sepuluh menit menjelang berakhirnya waktu normal, Curacao harus bermain 10 orang setelah Juninho Bacuna diganjar kartu kuning kedua karena melanggar Muhammad Ferrari yang melakoni debutnya di Timnas Senior.


Unggul jumlah pemain mendorong skuad Garuda terus menekan ruang pertahanan Curacao. Alhasil, Dendy menambah keunggulan Timnas Indonesia menjadi 2-1 setelah meneruskan umpan silang Witan Sulaeman.


Kemenangan ini merupakan kedua kalinya Timnas Indonesia terhadap Curacao. Pada laga persahabatan sebelumnya, Yakob Sayuri dan kawan-kawan menggasak tim yang sama dengan skor 3-2 di Gelora Bandung Lautan Api.


Kemenangan ini juga mendongkrak rangking dunia Timnas Indonesia yang sebelumnya menempati posisi 153 menjadi 152, menggeser beberapa negara termasuk Yaman dan Afghanistan