Skip to main content

Tim Layak Pemuda Siap Verifikasi Lapangan di Gowa

Tim Layak Pemuda Siap Verifikasi Lapangan di Gowa
Tem Verifikasi layak pemuda saat mengunjungi Bupati Gowa di Rujab. (IST)

KABAR.NEWS,Gowa - Proses verifikasi akhirnya dilakukan terkait penilaian kabupaten layak pemuda yang akan diikuti Kabupaten Gowa. 

Tim verifikasi penilaian pun mengunjungi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Rujab Bupati Gowa. Jumat (12/10/2018).

"Kami berada di Gowa selama dua hari untuk melihat dari dekat sekaligus memverifikasi data-data yang telah kami terima. Untuk memparipurnakan kunjungan ini, kami bertemu langsung dengan Bupati Gowa," ujar ketua tim, Rahmat As.

Menjadi nilai tambah, dikatakan Rahmat, ketika pertama kali melihat bahwa orang nomor satu di Gowa ini masih sangat muda. 

"Saya kagum dengan Bupati Gowa muda bisa jadi inspirasi bagi banyak orang terkhusus buat pemuda gowa dan sulsel. Layaklah Gowa masuk dalam nominasi Kabupaten layak pemuda," tutur Rahmat.

Terkait penilaian, Rahmat juga menjelaskan, jika dilihat dari sinergitas Dispora dan OKP.

"Kami menilai bagaimana Dinas Pemuda bersinergis dengan organisasi kepemudaan (OKP), sekaligus bagaimana kegiatan kepemudaan maupun usaha inovasi yang pemuda ciptakan bersinergi," terangnya.

Bupati dengan segudang prestasi ini menyambut kedatangan para tim verifikasi Kabupaten/Kota layak pemuda. 

s

"Kami orang Gowa sangat senang kedatangan tamu apalagi tamu kali ini dari tim verifikasi layak pemuda," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Fajaruddin mengatakan, selama di Gowa, para tim verifikasi akan  melakukan verifikasi faktual data program yang telah kami laporkan ke kemeterian. Berdialog dengan pemuda Gowa, mengunjungi sentra usaha kepemudaan. Sekaligus berkunjung ke kantor Dinas kami untuk pengecekan administrasi," jelas Fajaruddin.

Lebih lanjut Kadis Pemuda dan Olahraga juga menambahkan terkait regulasi kepemudaan di Gowa, bahwa aaat ini Pemda Gowa sementara mendorong Ranperda terkait kepemudaan. Regulasi ini sekaligus mendorong bagi Gowa pantas sebagai kabupaten layak pemuda.

Penilaian Kabupaten Layak Pemuda sendiri diikuti sekitar 100 kabupaten kota di Indonesia. Kemudian disaring menjadi 30 kabupaten Kota untuk dilakukan verifikasi. 

Penilaian ini akan memilih 20 kabupaten kota yang finalisasinya menjadi  penghargaan 10 utama, 5 madya dan 5 utama. Pengumuman dan penerimaan penghargaan rencananya akan diberikan pada hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

 

  • Afrilian Cahaya Putri