Tim Kesehatan KNPI Sulsel Bantu Pengungsi Banjir Makassar

Bawa bantuan dan periksa kesehatan

Tim Kesehatan KNPI Sulsel Bantu Pengungsi Banjir Makassar
Tim Kesehatan KNPI Sulsel saat membawa bantuan sembako dan obat-obatan kepada pengungsi banjir di Kota Makassar. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar -  Pengurus DPD KNPI Provinsi Sulsel bersama lembaga kesehatan KNPI terjun langsung membantu pengungsi banjir di Kecamatan Manggala dan Panakkukang Kota Makassar, Senin (21/12/2020).


Wakil Ketua Komisi Kesehatan dan Penanggulangan HIV/Aids KNPI Sulsel Irham Ma'ruf mengaku, kondisi warga saat ini yang terdampak banjir begitu memprihatinkan. Oleh karena itu, Ketua DPD I KNPI Sulsel Arham Basmin Mattayang memberi intruksi untuk terjun langsung membantu masyarakat.


"Kita ada bawa dokter, perawat dan sembako bersama teman-teman pengurus yang lain juga ikut untuk melihat dan memeriksa kondisi masyarakat saat ini yang terdampak banjir," kata Irham dalam keterangan tertulisnya.


"Semoga hujannya cepat redah biar air bisa surut dan warga bisa segera kembali ke rumah dengan tenang," lanjut dia.


Sebelumnya, data BPBD Kota Makassar menyebut jumlah pengungsi banjir berjumlah 700 orang. Mereka berasal dari di Kecamatan Manggala dan Biringkanaya. Para pengungsi diungsikan di masjid-masjid atas permintaan sendiri.


Sementara, Ketua Lembaga Kesehatan KNPI Sulsel Wawan Hamka mengatakan ada beberapa penyakit yang patut diantisipasi oleh pemerintah saat banjir sepert ini. 


"Warga harus waspada penyakit seperti diare, gatal alergi, kutu air, demam berdara, leptospirosis karena itu rawan dalam situasi seperti ini," katanya.


Wawan menyarankan agar warga yang mengungsi dan terdampak banjor bisa menjaga pola makan agar tetap bersih. Meski demikian, dia khawatir hal itu sulit dilakukan karena keterbatasan logistik di posko pengungsia 


"Yang paling utama pula protokol kesehatan tetap dijaga karena bagaimana pun saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19," katanya.