Skip to main content

Tidur Miring ke Kanan Sesuai Anjuran Rasulullah, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

sleep
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Dalam sebuah hadis, diterangkan bahwa Nabi Muhammad SAW biasa tidur dengan sisi tubuh yang miring ke kanan.

 

Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, “Apabila kamu hendak tidur,maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan” “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

 

Ternyata anjuran tersebut punya dasar dari sisi kesehatan. Dalam waktu tertentu, tidur pada sisi kiri bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang menderita gagal jantung kronis atau telah mengalami serangan jantung.

 

Mengutip theislamicnews.com, tidur di sisi kiri dapat menurunkan aktivitas saraf simpatik dalam tubuh. Di mana saraf  biasanya berfungsi mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Selain itu, posisi ini dapat memperlemah kemampuan fungsi hati.

 

Sementara itu, posisi tidur pada sisi kanan dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Posisi ini baik bagi individu yang menderita penyakit jantung.

 

Sedangkan pada ibu hamil, tidur pada sisi kiri tubuh dapat menyebabkan ketegangan pada jantung, paru-paru, lambung, dan hati. Organ-organ ini dapat menekan ke wilayah jantung sehingga menyulitkan mereka untuk berfungsi dengan baik.

 

Nabi Muhammad SAW menggunakan tidur di sisi kanannya sambil meletakkan tangan kanan pada pipi kanannya. Inilah salah satu cara tidur yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

 

Nah, maka dari itu, mulai sekarang ada baiknya membiasakan diri untuk menerapkan anjuran ini, selain menjalankan sunnah juga mendapatkan manfaat positif bagi kesehatan.