Skip to main content

Tidur Dengan Lampu Dipadamkan Lebih Baik Buat Kesehatan, Ini Alasannya

bobo
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Tidak semua orang senang tidur dalam keadaan lampu dipadamkan. Akan tetapi, ternyata, tidur dengan lampu yang dipadamkan lebih baik untuk kesehatan. Sejumlah hal positif bisa didapatkan seseorang saat tidur dalam keadaan tersebut. 

 

Pasalnya, kualitas tidur tidak hanya dipengaruhi oleh kuantitas, namun juga dari pencahayaan. Bila seseorang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, lebih baik matikan lampu saat tidur. 

 

Melansir dari laman WomanTalk, Berikut ini sejumlah penjelasan mengenai alasan mengapa tidur dengan lampu padam lebih baik :

 

1. Bisa mengatur kadar hormon melatonin

Biasanya, hormon melatonin dipicu dari cahaya. Saat tidur dalam keadaan gelap, produksi hormon melatonin akan lebih meningkat. Hormon melatonin merupakan hormon antioksidan kuat yang mencegah sel pertumbuhan kanker, dan juga membantu mengontrol masalah kesehatan lainnya seperti, siklus haid, menopause, dan insomnia kronis.

 

2. Menurunkan resiko depresi

Siklus tidur yang sehat bisa membantu menyeimbangkan emosional. Jadi, bila Anda tidur dengan lampu keadaan menyala, maka bisa mengganggu kerja hormon melatonin yang dapat menyebabkan susah tidur. Inilah yang biasa menjadi penyebab utama terjadinya depresi.


3. Meningkatkan fungsi metabolisme tubuh

Ketika tidur dalam keadaan gelap, maka seseorang bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas, tentunya Anda bisa tidur dan terbangun pada waktu yang sesuai. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, sindrom metabolik, dan sacropenia (kehilangan otot).

 

Jadi, sebaiknya usahakan selalu padamkan lampu jika hendak tidur, ya !