Thailand Juara Piala AFF 2020, Dua Pemainnya Jadi Top Skor

*Indonesia runner-up untuk keenam kalinya

Thailand Juara Piala AFF 2020, Dua Pemainnya Jadi Top Skor
Pemain dan official Timnas Thailand pada Piala AFF melakukan pawai apresiasi usai mengalahkan Timnas Indonesia di Stadion Nasional Singapura. (Foto: AFF Suzuki Cup)












KABAR.NEWS, Makassar - Timnas Thailand mengunci gelar juara Piala AFF edisi 2020 setelah menahan imbang Indonesia 2-2 pada partai final leg kedua di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB.


Indonesia unggul lebih awal melalui gol yang dicetak Ricky Kambuaya pada menit ke-7. Usai turun minum, Thailand berbalik unggul lewat gol-gol yang dicetak Adisak Kraisorn menit 54 dan Saarach Yooyen menit 56.


Skuat Garuda mampu menyamakan skor melalui kaki Egy Maulana Vikri pada menit 80. Hingga peluit panjang ditiupkan wasit, skor berakhir 2-2. Hasil itu membawa tim Gajah Gerang menang dengan skor agregat 6-2. 


Indonesia lagi-lagi finis di peringkat kedua untuk keenam kalinya sepanjang sejarah kompetisi negara-negara ASEAN tersebut. Torehan ini merupakan rekor runner up yang dimiliki seluruh kontestan.


Sementara, merupakan gelar juara Piala AFF 2020 adalah yang keenam untuk Thailand, sekaligus pengoleksi juara terbanyak. Dua edisi sebelumnya atau tepat tahun 2016, Thailand juga menyabet gelar juara Piala AFF. Lawannya tak lain adalah Indonesia.


Thailand bersaing dengan Singapura yang mengoleksi 4 gelar juara Piala AFF. Disusul Vietnam dengan 3 trofi sejak kompetisi ini dihelat pertama kali pada tahun 1996. 


Adapun pencetak gol terbanyak Piala AFF 2020 menjadi milik empat pemain yaitu Bienvenido Maranon (Filipina), Safawi Rasid (Malaysia) dan dua pemain Thailand yakni Chanathip Songkrasin serta Teerasil Dangda.

Keempat pemain masing-masing mengoleksi 4 gol. Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman keluar sebagai top assist sebanyak 5.