Skip to main content

Terungkap! Taruna ATKP Makassar Dianiaya Hingga Tewas Usai Apel Malam 

Terungkap! Taruna ATKP Makassar Dianiaya Hingga Tewas Usai Apel Malam 
Pelaku dugaan penganiayaan (baju orange) Aldama Putra  saat rekontruksi Kampus ATKP Makassar, Senin (18/3/2019)

KABAR.NEWS, Makassar - Adegan-peradegan diperagakan saat rekonstruksi kematian Aldama Putra Pongkala di kampus Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar di Jalan Salodong, Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Senin (18/3/2019).


Baca juga: Polisi Temukan Fakta Baru Kematian Taruna ATKP Makassar, Tersangka Bertambah?

Dalam adegan peradegan itu, akhirnya Polrestabes Makassar menemukan fakta bahwa Aldama Putra Pongkala mulai dianiaya oleh pelaku setelah makan malam dan dilanjutkan dengan apel malam. 


Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko menjelaskan bahwa pihaknya menggelar rekontruksi dengan melakukan adegan peradegan. Mulai korban Aldama datang di Kampus ATKP Makassar, hingga terjadi penganiayaan yang menyebabkan korban gagal bernafas akibat pukulan benda tumpul.


"Garis besarnya dalam rekonstruksi ini adalah mulai dia (korban) datang, kemudian kembali ke barak, antara kejadian kembali ke barak dan sampai makan malam. Selanjutnya apel malam dan setelah apel malam, maka terjadinya penganiayaan. Dan itu masih kita dalami, perkegiatan dan perwaktu," terang Indratmoko saat ditemui di lokasi rekontruksi di Kampus ATKP Makassar.


Dia menjelaskan bahwa dalam rencana atau skenario awal, pihak penyidik akan memperagakan sebanyak 47 adegan. Namun, melihat dari situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan, kemungkinan besar adegan ini akan bertambah ataupun akan berkurang. Dan dalam temuan nantinya, akan segera dikembangkan untuk mengusut tuntas kasus ini.


"Dari temuan itu nanti kita akan kembangkan. Semuanya akan kita libatkan dalam gelar rekonstruksi ini. Sementara kemarin, kita skenariokan ada 47 adegan, namun melihat perkembangan di lapangan kemungkinan bisa kurang dan bisa bertambah adegan," pungkasnya.


Baca juga: Nurdin Abdullah Singgung Mahasiswa KKN Hanya Bisa Buat Patung dan Batas Desa

Sebelumnya, dalam rekontruksi, Polisi berhasil menemukan adanya temuan atau fakta baru dalam kasus kematian Aldama Putra Pongkala (19), taruna Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar yang tewas ditangan seniornya sendiri. Dan dalam kasus ini, polisi masih menetapkan satu orang tersangka yakni Muhammad Rusdi. Dia adalah seniornya sendiri di kampus ATKP Makassar. 


Meski telah ditemukan tersangka, pihak keluarga masih bersikeras menduga masih ada beberapa orang yang diduga terlibat dalam aksi penganiayaan itu. Sehingga, orang tua Aldama meminta pihak kepolisian untuk segera mengusut tuntas kasus ini.


  • Lodi Aprianto