Skip to main content

Terlibat Skimming, 2 WNA Rumania di Makassar Ditangkap

Kabid Humas Polda Sulsel
Kabid Humas Polda Sulsel Dicky Sondani dalam eskpos tangkapan 2 WNA pelaku skimming, di Kantornya, Rabu (9/10/2019) / Reza Rivaldy

KABAR.NEWS, Makassar - Tim Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Selatatan (Sulsel) mengekspos hasil tangkapan dua Warga Negara Asing (WNA) yang menjadi pelaku skimming. Kedua WNA Rumania itu adalah, GA dan SR. 

 

"Karena telah memasang alat berupa deep insert skimmer di tempat card reader pada mesin ATM serta memasang sebuah CCTV di atas tombol pin ATM, tujuannya mencuri data dari pita magnetik kartu ATM, secara ilegal," ungkap Kabid Humas Polda SulSel, Kombes Pol Dicky Sondani dalam ekspos, Rabu (9/10/2019).

 

Sejumlah lokasi ATM di seputaran Kota Makassar disebutkan Dicky pernah digunakan kedua pelaku ini. Ketika alat skimming dipasang, keduanya bisa mengendalikan rekening hingga proses transaksi nasabah korbannya.

 

Penangkapan dilakukan Selasa (8/10/2019) sekitar pukul 01:30 Wita di sekitar Kota Makassar. Tangkapan berdasarkan hasil pengembangan setelah petugas menerima laporan dari pihak BNI soal transaksi ilegal. 

 

“Pihak BNI melaporkan bahwa di salah satu ATM BNI itu ada skimming, berdasarkan laporan tersebut tim melakukan penyelidikan, didapatlah salah satu ATM yang berada di Jalan Mappanyukki, Kecamatan Mariso, Kota Makassar. Di dalam ATM tersebut ada hidden camera, dan datanya bisa diserap," ujarnya.

 

Hasil kejahatan sementara masih di dalami polisi. Kedua pelaku diamankan bersama barang bukti seperangkat lengkap alat skimming. Seperti kabel OTG, kamera hingga Laptop. 

 

Keduanyan disangkakan dengan Pasal 46 Ayat 1, 2 dan 3 juncto Pasal 30 Ayat 1, 2 dan 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Saat ini kedua pelaku masih diamankan di Mako Polda Sulsel.

 

(Reza Rivaldy/CP/A)

 

 

 

loading...