Skip to main content

Terkendala Kapasitas Produksi, PDAM Gowa Butuh IPA Berkapasitas 100 Liter/Detik

PDAM
Direktur PDAM Gowa, Hasanuddin Kamal.


KABAR.NEWS, Gowa - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) Tirta Jeneberang, Gowa Hasanuddin Kamal mengaku sudah saatnya memiliki Instalasi Pengolahan Air (IPA) 100 liter per detik.

 

Mengingat saat ini telah tercatat sebanyak kurang lebih 40 ribu pelanggan yang tersebar di dataran rendah dan dataran tinggi. Dan setiap tahunnya pelanggan PDAM Gowa selalu bertambah.

 

Dengan demikian, tahun 2019 ini, PDAM Gowa mulai membatasi pelanggan karena terkendala kapasitas produksi. Hal ini diakui Hasanuddin sangat kewalahan. 

Rata-rata produksi IKK hanya antara 60 liter per detik hingga paling terbawa 40 liter per detik. Diantaranya Borongloe 60 liter per detik, Pattallassang dan Tompobalang 40 liter per detik. Itupun ketika suplay air baku dari pipa air waduk Bilibili bermasalah, hampir seluruh IKK kurang pasokan air bakunya. Paling tinggi hanya 20 liter per detik.

 

"Karena itu kita memang sudah membutuhkan IPA berkapasitas produksi hingga 100 liter per detik agar semua pelanggan tercakupi," ujarnya. Selasa (12/2/2019). 

 

Lanjut Hasanuddin, IPA kapasitas 100 liter per detik dan rencananya akan dibangun di Borongloe, Kecamatan Bontomarannu ini karena kapasitas pelanggan sudah overload (melebihi kapasitas produksi). 

 

"Iya untuk pelanggan reguler kami tutup dulu untuk sementara. Kita hanya layani untuk 1.200 MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) karena itu adalah program nasional pemerintah sehingga tetap diprioritaskan," jelasnya. 

  • Afrilian Cahaya Putri

 

loading...