Terduga Pelaku Begal 13 Lokasi di Jeneponto Ditangkap Polisi

* Pelaku ditangkap di Palu

Terduga Pelaku Begal 13 Lokasi di Jeneponto Ditangkap Polisi
Salah satu pelaku begal saat ditangkap di Kota Palu, Sulawesi Tengah oleh Tim Pegasus Polres Jeneponto. (IST).






KABAR.NEWS, Jeneponto - Tim Pegasus Resmob Polres Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menangkap lima terduga pelaku pencurian disertai kekerasan dan tiga begal.


Kasat Reskrim Polres Jeneponto Iptu Nasaruddin mengatakan tiga pelaku begal merupakan target operasi (TO). Mereka ditangkap di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (3/9/2022).


Dia menjelaskan, pelaku begal dengan kekerasan berinisial RR, tak berkutik saat ditangkap. RR sempat buron hingga berakhir ditangan pegasus.


Dari pengakuanya, RR sudah melakukan aksi begal pada 13 lokasi berbeda di Butta Turatea. Bahkan RR tak segan-segan akan melukai korbanya apabila mencoba melawan.


"Dari beberapa pelaku ada salah satu pelaku bahwa dia melakukan pencurian selama 13 TKP di wilayah Jeneponto," kata Iptu Nasaruddin kepada wartawan, Minggu (4/9/2022).


Selain melancarkan aksi begal, RR juga kerap melakukan aksi pencurian. RR tidak pandang bulu terhadap korbannya. RR sempat bersembunyi di beberapa kota setelah melakukan aksi begal di Jeneponto.


Dari hasil pengembangan RR, polisi berhasil menangkap dua orang pelaku begal lainnya dan dua pelaku curas berinisial M,T, R dan N. Pelaku ditangkap di Makassar


"Dari hasil pengembangan sehingga bisa ditemukan lagi ada tiga orang," ucapnya.
Ia menambahkan bahwa sasaran target pelaku curas adalah anak-anak memiliki handphone. 


"Jadi pada umumnya adalah pelaku ini curas dimana pada saat pelaksanaan pencurian itu mereka merampas dengan paksa anak-anak yang memiliki HP," pungkasnya.


Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, para pelaku disangkakan pasal 365 KUHP supsider 363 dengan ancaman 7 tahun penjara.


Penulis: Akbar Razak/B